PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN SEBAGAI OUTCOME PEMBELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BAE KUDUS TAHUN 2018/2019


Maytsa Aqilla , 3201415067 (2019) PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN SEBAGAI OUTCOME PEMBELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BAE KUDUS TAHUN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201415067maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran PLH yang hanya dimiliki oleh sekolah tersebut serta memiliki outcome perilaku peduli lingkungan siswa di sekolah namun kondisi di lapangan menunjukkan bahwa beberapa siswa kelas X SMA Negeri 1 Bae Kudus masih kurang peduli akan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran PLH di sekolah, (2) menganalisis perilaku peduli lingkungan siswa di sekolah, (3) mengevaluasi kelebihan dan kekurangan PLH dengan outcome perilaku peduli lingkungan siswa di sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bae Kudus tahun 2018/2019. Pemilihan subjek berdasarkan pada kelas yang mendapatkan mata pelajan PLH. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung oleh peneliti dan menggunakan alat CCTV, wawancara dan dokumentasi dan menggunakan analisis data deskriptif dan interpretasi dari data CCTV sebagai teknik analisis data. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran PLH sudah dilaksanakan dengan baik dan di dukung oleh program sekolah seperti kebijakan pengurangan penggunaan kertas saat ulangan yaitu berbasis teknologi, pengurangan penggunaan plastik di sekolah dan kegiatan pembiasaan lainnya, sarana dan prasarana sekolah yang lengkap mampu menunjang pembelajaran PLH juga. Perilaku peduli lingkungan siswa sudah baik dalam indikator kepedulian lingkungan kelas, pengelolaan air dan kepedulian lingkungan sekitar. Kelebihan PLH dilihat dari adanya kegiatan di luar kelas yaitu praktik menanam tanaman dan kekurangannya yaitu outcome berbentuk perilaku memang perlu waktu dan tahapan yang panjang pada proses pembiasaannya. Kesimpulan dari penelitian ini dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan lingkungan hidup di SMA Negeri 1 Bae Kudus adalah sudah sesuai dengan K13 dengan menggunakan silabus, RPP, dan materi yang sesuai dan di dukung oleh program sekolah dan sarana dan prasarana yang baik serta sudah mampu mencapai outcome yaitu perilaku peduli lingkungan siswa yang baik karena lebih dari setengah indikator sudah tercapai. Saran dari peneliti adalah sekolah agar tetap melaksanakan mata pelajaran PLH sebagai muatan lokal ini untuk tahun-tahun berikutnya serta mampu menjadi panutan bagi sekolah lain yang belum menerapkan kurikulum ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Peduli Lingkungan, Outcome, Pendidikan Lingkungan Hidup.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 18:18
Last Modified: 30 Dec 2019 18:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34146

Actions (login required)

View Item View Item