IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMA VIRGO FIDELIS BAWEN


Erza Bagus Pramudya Sutrisno , 3401415059 (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMA VIRGO FIDELIS BAWEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3301415059maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Era globalisasi pendidikan multikultural merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan. Kemajuan teknologi yang membuat masyarakat dengan beragam budaya dapat berinteraksi satu sama lain. Pendidikan multikultural memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga harmonisme dalam kehidupan masyarakat. Tujuan penelitian adalah melihat bagaimana pelaksanaan pendidikan multikultural di SMA Virgo Fidelis Bawen, mengetahui nilai-nilai yang dikembangkan dalam pendidikan multikultural, dan juga mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendidikan multikultural di SMA Virgo Fidelis. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam pada beberapa guru dan ibu Suster atau kepala sekolah SMA Virgo Fidelis. Penulis juga melakukan pengamatan secara mendalam selama 45 hari, karena penulis juga mendapat kesempatan untuk melaksanakan kegiatan PPL di SMA Virgo Fidelis. Pendidikan multikultural atau proses belajar yang mengajarkan keberagaman dalam kesederajatan, di SMA Virgo Fidelis diawali dengan kegiatan Pendampingan yang berisi pengenalan lingkungan sekolah pada siswa. Mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti juga memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung pelaksanaan pendidikan multikultural karena siswa diajarkan untuk saling menghargai perbedaan keyakinan dan kebudayaan orang lain melalui sudut pandang agama. Mata pelajaran lainnya yang memiliki peran penting dalam menerapkan pendidikan multikultuiral adalah mata pelajaran Kemarsudirinian. Nilai-nilai yang dikembangkan di SMA Virgo Fidelis untuk mendukung pelaksanaan pendidikan multikultural adalah nilai Persaudaraan, Cinta Kasih, dan Persatuan. Hasil dari penelitian adalah pendidikan multikultural sangat tepat dan efektif dilakukan di sekolah apabila terintegrasi dengan semua mata pelajaran, terutama dalam pendidikan agama dan budi pekerti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan multikulural, Kemarsudirinian.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 18:10
Last Modified: 30 Dec 2019 18:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34142

Actions (login required)

View Item View Item