TINGKAT LITERASI SAINS GLOBAL WARMING TERHADAP SUSTAINABLE LIFESTYLE GURU SEKOLAH DASAR DI DESA BANGSRI KABUPATEN JEPARA


Febrina Larasati , 3201415034 (2019) TINGKAT LITERASI SAINS GLOBAL WARMING TERHADAP SUSTAINABLE LIFESTYLE GURU SEKOLAH DASAR DI DESA BANGSRI KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201415034maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Global warming merupakan salah satu masalah lingkungan global yang telah menjadi perhatian kancah internasional sejak diadakannya konferensi tingkat tinggi bumi di Rio De Janairo, Brasil pada tahun 1992. Berbagai macam upaya mitigasi telah dilakukan untuk menanggulangi global warming. Salah satunya yaitu dengan implementai literasi sains agar masyarakat dapat menggunakan pengetahuan sains yang dimilikinya untuk menjelaskan fenomena yang ada disekitar agar dapat memiliki sikap yang bijak terhadap lingkungan. dimana sikap ini kita kenal dengan sebutan sustainable lifestyles atau gaya hidup yang berkelanjutan. Dimana implementasi dalam pendidikan ini membutuhkan peran serta guru sebagai salah satu komponen pembelajaran untuk mencapai keberhasilannya maka dari itu tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana literasi sains global warming dan sustainable lifestyles yang dimiliki oleh guru. Sampel dalam penelitian ini adalah guru-guru kelas 4,5 dan 6 yang bertugas di desa Bangsri yang berjumlah 30 orang guru.Variabel Penelitian ini ada dua yaitu literasi sains Global warming dan sustainable lifestyles. teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes, kuesioner, observasi dan wawancara. Analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 77% guru memiliki literasi sains global warming pada tingkat sedang, sementara 10 % guru berada di kategori tinggi dan 13% guru berada pada kategori rendah. Dimana untuk mengajarkan suatu materi diperlukan pengetahuan yang tinggi agar tidak terjadi misskonsepsi terhadap siswa. Kemudian untuk sustainable lifestyle menunjukkan bahwa 77% sikap sustainable lifestyle guru baik dan 23 % sikap sustainable lifestyles guru cukup baik. Implementasinya masih menggunakan metode ceramah dan berpaku terhadap LKS, belum menggunakan media atau metode tertentu. Saran untuk penelitian agar dapat dijadikan gambaran untuk pihak sekolah bagaimana kompetensi guru yang kemudian dapat dijadikan sebagai peningkatan kompetensi yang dimiliki guru dalam pengajaran literasi sains global warming dan sikap sustainable lifestyles dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Sains, Global warming dan Sustainable Lifestyles.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 18:03
Last Modified: 30 Dec 2019 18:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34138

Actions (login required)

View Item View Item