PERAN GURU GEOGRAFI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER KONSERVASI PADA SISWA KELAS XI IPS MAN KENDAL TAHUN 2019


Siti Laili Nurhidayah , 3201415027 (2019) PERAN GURU GEOGRAFI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER KONSERVASI PADA SISWA KELAS XI IPS MAN KENDAL TAHUN 2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201415027maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kerusakan lingkungan yang terjadi salah satunya diakibatkan oleh perilaku manusia. Mata pelajaran Geografi menjadi mata pelajaran yang stategis dalam rangka penanaman karakter konservasi pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui bagaimana peran guru Geografi dalam pendidikan karakter konservasi, 2) Mengetahui bagaimana perilaku konservasi siswa 3) Mengetahui bagaimana pengaruh peran guru Geografi terhadap perilaku karakter konservasi siswa kelas XI IPS MAN Kendal, 4) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter konservasi. Populasi penelitian ini adalah semua guru berjumlah 60 orang dan siswa kelas XI IPS MAN Kendal berjumlah 134 siswa. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, sampel siswa yaitu seluruh siswa kelas XI IPS 4 yang berjumlah 28 siswa. Variabel penelitian adalah peran guru Geografi dalam pendidikan karakter konservasi dan perilaku konservasi siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan analisis linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan peran guru Geografi dalam pendidikan karakter lingkungan siswa dalam kategori baik dengan persentase data angket 82,14% dan data observasi dalam kriteria baik dengan persentase 67,86%. Perilaku karakter konservasi siswa masuk dalam kategori baik dengan persentase 46,43%. Sedangkan berdasarkan hasil observasi, perilaku karakter konservasi siswa juga dalam kategori baik dengan persentase 50%. Peran guru Geografi berpengaruh positif terhadap perilaku karakter konservasi siswa. Berdasarkan analisis dari hasil perhitungan penelitian ini diperoleh persamaan regresi Y = 25,498 + 0,399X dan Y = 22,107 + 0,437X. Simpulan dari penelitian, peran guru Geografi dalam pendidikan karakter konservasi siswa kelas XI IPS MAN Kendal SMP dalam kategori baik, perilaku siswa kelas XI IP MAN Kendal dalam kategori baik, ada pengaruh positif antara peran guru Geografi terhadap perilaku konservasi siswa, faktor pendukung berupa tenaga pengajar dan prasarana sekolah yang baik, serta faktor penghambat berupa konsistensi perilaku siswa yang kurang. Saran yang diberikan peneliti adalah 1) Bagi sekolah perlu meningkatkan program-program konservasi di sekolah. 2) Bagi guru Geografi perlu meningkatkan peran dalam implementasi pendidikan konservasi dalam pembelajaran Geografi, serta menularkan pemahaman dan kemampuan implementasi pendidikan konservasi, kepada guru lain di MAN Kendal dan sesama guru Geografi di sekolah lain. 3) Bagi siswa diharapkan dapat mengikuti kegiatan-kegiatan konservasi baik yang diselenggarakan oleh pihak sekolah maupun diluar sekolah, serta menerapkan pengetahuan konservasi yang didapat di sekolah, membaca buku atau internet dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Geografi, Pendidikan Karakter Konservasi, Perilaku Karakter Konservasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 17:54
Last Modified: 30 Dec 2019 17:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34133

Actions (login required)

View Item View Item