Keefektifan Teknik Sosiopsikodrama Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas II C SMP Negeri 11 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006.


Atiek Meliana., 1301401027 (2006) Keefektifan Teknik Sosiopsikodrama Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas II C SMP Negeri 11 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Teknik Sosiopsikodrama Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas II C SMP Negeri 11 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006.]
Preview
PDF (Keefektifan Teknik Sosiopsikodrama Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas II C SMP Negeri 11 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006.) - Published Version
Download (73kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada saat melakukan praktek layanan bimbingan konseling selama satu semester di SMP Negeri 11 Semarang, peneliti melihat fenomena yang muncul bahwa tingkat kedisiplinan siswa SMP Negeri 11 dapat dikatakan masih rendah. Permasalahan dalam penelitian ini, Apakah teknik sosiopsikodrama efektif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas II C SMP Negeri 11 Semarang tahun pelajaran 2005/2006? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan teknik sosiopsikodrama dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas II C SMP Negeri 11 Semarang tahun pelajaran 2005/2006. Manfaat penelitian ini adalah Untuk memberikan sumbangan yang positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya yang berkaitan dengan pengembangan bimbingan konseling di sekolah., Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II C, sebanyak 42 siswa. Sedangkan sampel diambil dengan teknik sampling purposive sampling, sebanyak 12 siswa. Variabel penelitian ini adalah variabel bebas (X) yaitu teknik sosiopsikodrama dan variabel terikat (Y) yaitu tingkat kedisiplinan siswa. Analisis data menggunakan analisis Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kedisiplinan siswa mengalami peningkatan sebesar 0,93 setelah mendapat perlakuan yaitu teknik sosiopsikodrama. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukan bahwa skor rata-rata keseluruhan siswa sebelum mendapat perlakuan sebesar 2,42 dengan ketegori Rendah (R), dan setelah mendapatkan perlakuan sebesar 3,35 masuk peda kategori Sangat Tinggi (ST). Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji Wilcoxon, maka diketahui rata-rata data pre test dengan post test. Dimana setelah dianalisis di dapat nilai Z hitung = 3,059 sedang nilai Z tabel = 1,96 jadi nilai Z hitung < Z tabel. Hal ini berarti bahwa teknik sosiopsikodrama efektif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Simpulan pada penelitian ini adalah bahwa teknik sosiopsikodrama efektif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Dan saran peneliti pada penelitian ini hendaknya pembimbing dapat melakukan pengkajian dan menerapkan teknik sosiopsikodrama sebagai salah satu bentuk upaya pengembangan yang positif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Selain itu, siswa hendaknya dapat memanfaatkan layanan bimaingan konseling dengan sebaiki-baiknya, salah satunya berupa teknik sosiopsikodrama sebagai salah satu upaya untuk membantu memecahkan permasalahan yang dialaminya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2011 01:53
Last Modified: 16 Aug 2011 01:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3412

Actions (login required)

View Item View Item