PERAN SERTA KELOMPOK SIAGA BENCANA TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KESIAPSIAGAAN BENCANA BANJIR MASYARAKAT KELURAHAN KALIPANCUR


Santiria Griffithi S , 3201414076 (2019) PERAN SERTA KELOMPOK SIAGA BENCANA TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KESIAPSIAGAAN BENCANA BANJIR MASYARAKAT KELURAHAN KALIPANCUR. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201414076maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kondisi Geomorfologi Kelurahan Kalipancur merupakan dataran alluvial dengan lereng curam dan perbukitan. Pada tahun 1990, Kelurahan Kalipancur mengalami banjir bandang yang mencapai 3 meter dalam waktu 3-5 jam. Kalipancur berpotensi sebagai daerah banjir karena permukiman penduduk berada di bantaran sungai dan kurangnya kesadaran penduduk dalam pemanfaatan bantaran sungai dan manajemen daerah dataran banjir (Liesnoor Dewi, 2008). Maka dari itu dibentuklah Kelompok Siaga Bencana yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap masyarakat dalam menghadapi bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan masyarakat mengenai bencana banjir, mengetahui sikap masyarakat dalam menghadapi bencana banjir dan peran serta Kelompok Siaga Bencana pada kesiapsiagaan banjir masyarakat. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat berdasarkan Kepala Keluarga yang terkena dampak banjir bandang di RW 01 dan RW 02. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 Kepala Keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran yaitu kuantitatif untuk mengumpulkan data instrumen tes dan angket, kualitatif untuk mengumpulkan data instrumen wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi serta dokumentasi dan teknik deskriptif kuantitatif untuk menghitung dari hasil tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat mengenai banjir termasuk pada kategori cukup baik, dan sikap masyarakat dalam menghadapi banjir termasuk dalam kategori baik. Peran Kelompok Siaga Bencana terdiri dari bidang evakuasi, bidang komunikasi dan bidang dapur umum. Bidang evakuasi memiliki tugas utama penyelamatan korban dan telah melakukan kegiatan pelatihan dengan BPBD, bidang komunikasi bertugas dalam menyampaikan peringatan bencana; mencari informasi; dan memberikan informasi kepada masyarakat, bidang dapur umum bertugas dalam memperhatikan dan memenuhi kebutuhan dasar seluruh masyarakat pada saat bencana. Masyarakat perlu ikut serta dalam pengurangan risiko bencana banjir di Kelurahan Kalipancur dengan mengikuti kegiatan pelatihan maupun sosialisasi yang dilakukan oleh KSB. Perlunya kerjasama antar anggota KSB agar kegiatan pengurangan risiko bencana dapat dilaksanakan dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Serta, Kelompok Siaga Bencana, Pengetahuan, Sikap, Kesiapsiagaan, Bencana Banjir
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 16:28
Last Modified: 30 Dec 2019 16:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34113

Actions (login required)

View Item View Item