PENGETAHUAN DAN PARTISIPASI PASANGAN USIA SUBUR YANG MENIKAH DINI TERHADAP PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI DESA MAITAN KECAMATAN TAMBAKROMO KABUPATEN PATIPENGETAHUAN DAN PARTISIPASI PASANGAN USIA SUBUR YANG MENIKAH DINI TERHADAP PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI DESA MAITAN KECAMATAN TAMBAKROMO KABUPATEN PATI


Eni Puji Lestari , 3201414054 (2019) PENGETAHUAN DAN PARTISIPASI PASANGAN USIA SUBUR YANG MENIKAH DINI TERHADAP PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI DESA MAITAN KECAMATAN TAMBAKROMO KABUPATEN PATIPENGETAHUAN DAN PARTISIPASI PASANGAN USIA SUBUR YANG MENIKAH DINI TERHADAP PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI DESA MAITAN KECAMATAN TAMBAKROMO KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201414054maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Program Keluarga Berencana adalah upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas dengan mengatur kehamilan sesuai dengan hak-hak reproduksi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui tingkat pernikahan dini di Desa Maitan, (2) Mengetahui karakteristik PUS yang menikah dini, (3) Mengetahui tingkat pengetahuan PUS yang menikah dini tentang pernikahan dini dan program KB (4) Mengetahui tingkat partisipasi PUS yang menikah dini terhadap program KB, (5) Mengetahui penggunaan jenis alat kontrasepsi pada PUS yang menikah dini. Populasi dalam penelitian ini adalah PUS yang menikah dini di Desa Maitan tahun 2013-2017 sebanyak 36 pasang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dua tahap, yaitu teknik purposive sampling untuk menentukan sampel desa berdasarkan pernikahan dini tertinggi se Kecamatan Tambakromo dan teknik total sampling untuk mengambil seluruh sampel dari sampel desa. Jumlah sampel sebanyak 32 pasang karena tiga pasang sudah tidak tinggal di Desa Maitan dan satu pasang sudah bercerai. Variabel yang diteliti yaitu tingkat pernikahan dini, karakteristik PUS yang menikah dini, pengetahuan PUS terhadap pernikahan dini dan program KB, partisipasi PUS terhadap program KB, penggunaan alat kontrasepsi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah tingkat pernikahan dini di Desa Maitan dari tahun 2013-2017 mengalami penurunan, tingkat pernikahan dini tertinggi pada tahun 2013 mencapai 30,19% dan terendah pada tahun 2016 sebesar 3,45%. Karakteristik PUS yang menikah dini yaitu rata-rata usia menikah perempuan adalah 15 tahun dan rata-rata usia menikah laki-laki adalah 19.75 tahun. Rata-rata tahun sukses pendidikan PUS setara dengan SMP, lebih dari 50% PUS tidak mengikuti kegiatan sosial, sebagian besar PUS di Desa Maitan bekerja di usaha konveksi, pendapatan rata-rata per bulan yang diperoleh yaitu Rp 2.465.000,00. Rata-rata pengetahuan PUS tentang pernikahan dini sedang, rata-rata pengetahuan PUS tentang program KB sedang, dan rata-rata partisipasi PUS terhadap KB sedang. Suntik menjadi alat kontrasepsi terbanyak yang digunakan PUS dan 59,38% PUS menggunakan kontrasepsi pertama kali setelah menikah. Saran ditujukan kepada PUS yang menikah dini agar lebih aktif dalam kegiatan-kegiatan dalam program KB. Peningkatan partisipasi dapat menambah pengetahuan tentang KB dan menambah pengalaman PUS sehingga PUS mampu mencegah resiko yang ditimbulkan dari menikah dini serta mampu mewujudkan keluarga sejahtera yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Partisipasi, Pasangan Usia Subur, Pernikahan Dini, Program Keluarga Berencana
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 16:00
Last Modified: 30 Dec 2019 16:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34103

Actions (login required)

View Item View Item