PERAN PONDOK PESANTREN NURUL ANWAR DALAM PENGEMBANGAN KEHIDUPAN KEAGAMAAN MASYARAKAT DESA KEMBANG KECAMATAN DUKUHSETI KABUPATEN PATI
Silvia Alfiyani , 3401413066 (2018) PERAN PONDOK PESANTREN NURUL ANWAR DALAM PENGEMBANGAN KEHIDUPAN KEAGAMAAN MASYARAKAT DESA KEMBANG KECAMATAN DUKUHSETI KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pondok pesantren merupakan lembaga tempat penyebaran agama sekaligus sebagai lembaga pendidikan Islam yang relatif tua yang mampu betahan dan berkembang hingga saat ini. Pesantren yang berada di tengah-tengah masyarakat tidak hanya sebagai lembaga pendidikan tetapi sebagai lembaga penyiaran agama dan sosial keagamaan. Pondok Pesantren Nurul Anwar merupakan lembaga pendidikan agama Islam yang berada di Desa Kembang, Dukuhseti, Pati. Sebagai sebuah lembaga yang berada di tengah-tengah pemukiman warga Pondok Pesantren juga turut berperan dalam kehidupan keagamaan masyarakat sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan kegiatan keagamaan di Pondok pesantren Nurul Anwar, (2) mengetahui bagaimana peran pondok pesantren Nurul Anwar dalam pengembangan kehidupan keagamaan masyarakat Desa Kembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori fungsionalisme truktural Robert K Merton. Lokasi penelitian ini di desa Kembang, Kecamatan Dukuhseti, Kabupeten Pati. Informan utama penelitian ini adalah kyai, asatid, dan santri pondok pesantren Nurul Anwar. Informan pendukung penelitian ini adalah masyarakat desa Kembang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data memakai teknik triangulasi. Analisis data menggunakan metode analisis data kualitatif yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kegiatan yang dilaksanakan di pondok pesantren Nurul Anwar sudah terjadwal dengan baik dan disesuaikan dengan jadwal sekolah santri-santrinya. Perbedaan kegiatan untuk santri mukim dan santri kalong adalah santri mukim sudah mulai kegiatan dari pukul 04.15 sampai 22.00, sedangkan santri kalong hanya mengikuti kegiatan seperti ngaji kita dan diniyah malam. Pelaksanaan kegiatan pendidikan pondok pesantren Nurul Anwar menggunakan sistem salaf dengan metode sorogan, bandongan, ceramah dan tanya jawab, juga diskusi. Materi yang diajakan di pondok pesantren yaitu nahwu, shorof, fiqih, akhlak, tafsir. Al-Quran dan Hadits. (2) Peran Pondok pesantren Nurul Anwar dalam pengembangan kehidupan keagamaan masyarakat desa Kembang antara lain dengan pemberian pendididkan agama Islam sebagai pusat kajian Islam dan pengembangan dakwah. Upaya-upaya untuk melaksanakan perannya sebagai lembaga pendidikan Agama Islam antara lain : menghidupkan kecintaan terhadap orang shaleh melalui Haul KH Hasbullah, meningkatkan keagamaan dengan mengadakan pengajian terbuka, memberikan pelayan khusus dengan adanya rebana, dan mengadakan kegiatan keagamaan dalam bulan-bulan Islam. Saran bagi pondok pesantren Nurul Anwar, agar menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar mengingat pondok pessantren merupakan lembaga pendidikan agama Islam yang ada di masyarakat dan bagian dari masyarakat itu sendiri, pondok pesantren juga dapat menambah kegiatan yang melibatkan masyarakat, untuk menjadi wadah masyarakat dalam memperdalam ilmu agama.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran, Pondok Pesantren, Pengembangan Kehidupan Keagamaan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 15:29 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 15:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34090 |
Actions (login required)
View Item |