PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT TERHADAP PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN DI DESA GENTING KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG


Ainun Hingis Nur Wulansari , 3201414028 (2019) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT TERHADAP PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN DI DESA GENTING KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201414028maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Peran pendidikan dalam masyarakat adalah penting, karena pendidikan formal yang ditempuh merupakan faktor yang dapat membentuk karakter seseorang dalam berperilaku peduli terhadap lingkungan. Permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan merupakan masalah kompleks, dimana kualitas kondisi lingkungan sangat bergantung dari perilaku manusia. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perilaku peduli lingkungan masyarakat Desa Genting dan (2) menganalisis pengaruh tingkat pendidikan masyarakat terhadap perilaku peduli lingkungan di Desa Genting Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Genting. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik probabality sampling yaitu proportionate stratified random sampling. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan didapatkan hasil total sampel dengan jumlah 98 responden. Variabel dalam penelitian adalah tingkat pendidikan masyarakat dan perilaku peduli lingkungan, dengan indikator sebagai berikut: penggunaan air, penggunaan energi, dan pengelolaan sampah. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni kuesioner, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan korelasi rank spearman dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan masyarakat Desa Genting rata-rata lulusan SD sebanyak 59,25%, SMP sebanyak 26,30%, SMA sebanyak 10,30% dan lulusan pendidikan tinggi sebanyak 1,91% sedangkan perilaku peduli lingkungan masyarakat Desa Genting tergolong dalam kategori peduli, hal tersebut dapat dilihat dari jumlah sebaran analisis frekuensi yang berada pada kategori peduli yaitu 51dengan persentase 52,04%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pendidikan masyarakat memberikan pengaruh positif terhadap perilaku peduli lingkungan, sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji korelasi rank spearman yaitu 0,000 < dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku peduli lingkungan masyarakat adalah peduli, namun pada kenyataan masih terdapat beberapa masyarakat yang berperilaku kurang peduli. Saran untuk pemerintah agar lebih banyak mengadakan sosialisasi dan pelatihan untuk masyarakat yang berkaitan dengan kepedulian terhadap lingkungan dan pentingnya pendidikan formal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan Masyarakat, Perilaku Peduli Lingkungan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 15:19
Last Modified: 30 Dec 2019 15:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34085

Actions (login required)

View Item View Item