PENGETAHUAN DAN PERAN KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA WADUK SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN


Ika Nurwahyuni , 3201414024 (2019) PENGETAHUAN DAN PERAN KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA WADUK SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201414024maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3201414024maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Waduk Sempor merupakan salah satu Waduk yang berada di wilayah Kabupaten Kebumen yang berfungsi sebagai sumber penyediaan air, irigasi persawahan, pembangkit listrik tenaga air (PLTA), sumber penghasilan warga sekitar melalui perikanan, selain itu Waduk Sempor juga dimanfaatkan sebagai Objek Wisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengetahuan pokdarwis dan masyarakat dalam membantu mengembangkan pariwisata dan promosi di Waduk Sempor Kebumen (2) mengetahui peran pokdarwis dan masyarakat dalam membantu mengembangkan dan promosi pariwisata di Waduk Sempor Kebumen (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat keterlibatan pokdarwis dan masyarakat dalam mengembangkan dan promosi pariwisata di Waduk Sempor Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Pokdarwis Mukti Marandesa dan Masyarakat Dukuh Kaliputih. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pokdarwis dan masyarakat sudah memiliki pengetahuan yang sedang tentang sapta pesona, dan sudah menerapkan unsur-unsur sapta pesona. Pokdarwis dan masyarakat memiliki peran tinggi dalam pengembangan objek wisata Waduk Sempor. Faktor pendukung dalam pengembangan objek Wisata Waduk Sempor Kebumen yaitu : mendapat dukungan dari pemerintah setempat, Sumber Daya Manusia, dan keanekaragaman potensi di sekitar Objek Wisata Waduk Sempor. Faktor penghambat dalam pengembangan objek wisata yaitu : kurangnya dana dan kurangnya perawatan fasilitas sarana dan prasana yang ada disana. Saran dari peneliti yaitu pembagian tugas dari anggota pokdarwis perlu dilakukan sehingga peran dari anggota pokdarwis itu lebih terarahkan. Kemudian peningkatan sarana dan prasarana perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan pendapatan. Pemerintah setempat yaitu pemerintah Desa dapat terus memberi pelatihan terkait dengan pariwisata kepada Pokdarwis dan Masyarakat dalam upaya mengembangkan potensi dan membangun pariwisata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Peran, Pokdarwis, Masyarakat
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 15:13
Last Modified: 30 Dec 2019 15:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34083

Actions (login required)

View Item View Item