IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEDIA FLIP CHART DAN POWERPOINT MATERI DINAMIKA PLANET BUMI SEBAGAI RUANG KEHIDUPAN KELAS X IPS 1 DAN X IPS 2 MA AL-ASROR SEMARANG


Sri Dewi Astutik , 3201414012 (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEDIA FLIP CHART DAN POWERPOINT MATERI DINAMIKA PLANET BUMI SEBAGAI RUANG KEHIDUPAN KELAS X IPS 1 DAN X IPS 2 MA AL-ASROR SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201414012maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang memiliki nilai di bawah KBM (72) yaitu 54% (15 dari 28) siswa. Hal tersebut disebabkan salah satu faktor yaitu penggunaan media pembelajaran yang sudah biasa digunakan guru, sehingga perlu adanya media pembelajaran baru. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui implementasi kemampuan guru dalam menggunakan media flip chart dan powerpoint (2) mengetahui efektivitas media flip chart dan powerpoint yang meliputi ketercapaian ketuntasan hasil belajar siswa, ketercapaian aktivitas siswa, dan respon atau tanggapan positif siswa. Populasi penelitian ini terdiri dari kelas X IPS 1 dan X IPS 2. Teknik sampel yang digunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini kelas X IPS 2 karena banyak siswa yang nilai ulangan sebelumnya di bawah KBM. Variabel penelitian ini adalah implementasi kemampuan guru dalam menggunakan media flip chart dan powerpoint serta efektivitas media flip chart dan powerpoint yang meliputi ketuntasan hasil belajar siswa, ketuntasan aktivitas siswa, dan respon atau tanggapan positif siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, tes, dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis statistik uji perbedaan dua rata-rata (uji t-test). Hasil penelitian menunjukkan implementasi kemampuan guru dalam menggunakan media flip chart dan powerpoint keseluruhan termasuk dalam kriteria “baik”. Penilaian RPP kelas X IPS 1 dan X IPS 2 keduanya mencapai skor 69 atau 81,18%. Pelaksanaan pembelajaran kelas X IPS 1 mencapai skor 72 atau 80%, sedangkan kelas X IPS 2 mencapai skor 73 atau 81,11%. Ketuntasan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 pada tabel paired samples test diketahui sig. 0,00 <0,05 jadi H0 ditolak dan dilihat pada mean yaitu -26,083 artinya rata-rata nilai post test lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai pre test. Sedangkan menurut persentase 65% yaitu suatu kelas dikatakan efektif jika mencapai 65%, maka pada kelas ini belum efektif. Kelas X IPS 2 diketahui sig. 0,00 <0,05 jadi H0 ditolak dan dilihat pada mean yaitu -21,852. Sedangkan menurut persentase 65% sudah efektif. Ketuntasan aktivitas belajar siswa kelas X IPS 1 tergolong “rendah” yaitu 56,67% sehingga belum efektif, sedangakan kelas X IPS 2 tergolong “tinggi” yaitu 88,89% sehingga sudah efektif. Respon atau tanggapan positif siswa kelas X IPS 1 pada kriteria “sangat menarik” yaitu 70% sehingga sudah efektif dan kelas X IPS 2 pada kriteria “ sangat menarik” yaitu 81,48% sehingga sudah efektif. Saran, penggunaan media pembelajaran flip chart dapat diterapkan pada kelas yang belum terdapat LCD. Pengguaan media pembelajaran powerpoint dapat diterapkan pada pelajaran geografi pada kelas yang terdapat LCD. Fasilitas kelas yang belum lengkap, dapat dilengkapi agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Flip Chart, Pembelajaran, Powerpoint
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 14:54
Last Modified: 30 Dec 2019 14:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34076

Actions (login required)

View Item View Item