Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa Kelas II SMP Negeri 11 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006.


Tri Astutik Nurmawati, 1301401015 (2005) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa Kelas II SMP Negeri 11 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa Kelas II SMP Negeri 11 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006.]
Preview
PDF (Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa Kelas II SMP Negeri 11 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006.)
Download (75kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh fenomena yang ada di lapangan, bahwa adanya penurunan tingkat keterbukaan diri yang dimiliki oleh para pelajar sekarang, khususnya siswa kelas II SMP N 11 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterbukaan diri bagi siswa kelas II SMP N 11 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SMP N 11 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologi. Dengan instrumen skala keterbukaan diri sebanyak 48 butir item setelah diujicobakan menjadi 35 butir item yang digunakan dalam penelitian. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon dari perhitungan diperoleh deskripsi tingkat keterbukaan diri siswa sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok memiliki skor ratarata 2,28. Sedangkan deskripsi tingkat keterbukaan diri siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok memiliki skor rata-rata 3,25. Untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterbukaan diri siswa dilakukan uji Wilcoxon. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai hitung Z sebesar 3,408, setelah dikonsultasikan dengan nilai tabel Z pada taraf signifikansi 5% dan N= 15 didapat tabel Z sebesar 1,96. dengan demikian nilai hitung Z = 3,408 > tabel Z = 1,96. Harga ini menyimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektiv dalam meningkatkan keterbukaan diri siswa kelas II SMP N 11 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu bahwa layanan bimbingan kelompok efektiv dalam meningkatkan keterbukaan diri bagi siswa kelas II SMP N 11 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006. Efektivitas tersebut mengarahkan rekomendasi hasil penelitian ini agar guru pembimbing mampu meningkatkan keterbukaan diri bagi siswa dalam aktivitasnya sehari-hari melalui layanan-layanan yang ada pada kegiatan bimbingan konseling di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2011 01:32
Last Modified: 25 Apr 2015 05:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3406

Actions (login required)

View Item View Item