PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU MASYARAKAT MENGHADAPI ROB DI KELURAHAN BANDARHARJO KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG


Andika Candra Purnama , 3201413110 (2019) PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU MASYARAKAT MENGHADAPI ROB DI KELURAHAN BANDARHARJO KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201413110maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyaknya masyarakat yang memilih bertahan dan beradaptasi di wilayah yang tergenang rob. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Menganalisis alasan masyarakat bertahan, (2) Menganalisis tingkat pengetahuan, tingkat sikap dan perilaku masyarakat menghadapi rob. Lokasi penelitian dilakukan di kelurahan Bandarharjo Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini dalah kepala keluarga di RW01 dengan sampel 83 jiwa. dengan teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah Purposive area sampling. Variabel dalam penelitian ini meliputi Alasan masyarakat bertahan, Tingkat pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Masyarakat Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) Observasi 2) Wawancara, 3) Angket. Analisis data yang dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif untuk mendiskripsikan semua variabel dan di jelaskan dengan angka melalui tabel . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Alasan masyarakat bertahan di karenakan beberapa faktor yaitu mata pencaharian, kepemilikan rumah, dan sarana transportasi. Mata pencaharian meliputi jenis pekerjaan, tingkat penghasilan, dan tingkat pengeluaran serta jumlah tanggungan, Kepemilikan rumah meliputi apakah masyarakat memiliki sertifikat hak milik atau belum, sedangkan untuk sarana transportasi meliputi sarana yang digynakan untuk menuju lokasi pekerjaan, dan jarak tempuh dari rumah menuju lokasi pekerjaan. 2) Tingkat pengetahuan dan sikap masyarakat kelurahan Bandarharjo yang masih rendah dan perilaku masyarakat yang masih mengharapkan adanya peninggian jalan agar aksesibilitas kembali lancer. Saran, perlu adanya sosialisasi tentang rob dan dampaknya agar masyarakat lebih mengenal tentang rob dan dapat mencegah maupun mengurangi risiko rob ketika rob mulai menggenangi pemukiman masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Perilaku Masyarakat, Rob
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 14:09
Last Modified: 30 Dec 2019 14:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34051

Actions (login required)

View Item View Item