KAJIAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN MASYARAKAT RW 02 DESA KLIDANG LOR DALAM MENGATASI ABRASI DI PANTAI SIGANDU KABUPATEN BATANG


Nurahmad Fatoni , 3201413041 (2019) KAJIAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN MASYARAKAT RW 02 DESA KLIDANG LOR DALAM MENGATASI ABRASI DI PANTAI SIGANDU KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201413041maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Abrasi adalah salah satu permasalahan yang ada di wilayah pesisir yang harus ditangani secara serius dan bersama-sama. Pengetahuan, sikap, dan tindakan masyarakat dalam mengatasi abrasi menjadi bagian penting di daerah yang dilanda abrasi seperti di Pantai Sigandu, Desa Klidang Lor Kabupaten Batang. Tujuan penelitian: 1) Menganalisis tingkat pengetahuan masyarakat dalam mengatasi abrasi. 2) Menganalisis sikap masyarakat dalam mengatasi abrasi. 3) Mengklasifikasikan tindakan masyarakat dalam mengatasi abrasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh penduduk Desa Klidang Lor berdasarkan KK (Kepala Keluarga) di wilayah paling terkena dampak abrasi pada RW 2 sebanyak 334 KK. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 67 KK dengan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan dan tujuan tertentu dalam hal ini sampel yang diambil penduduk yang terdampak abrasi. Variabel penelitian: 1) Tingkat pengetahuan abrasi, 2) Sikap tentang abrasi, 3) Tindakan masyarakat dalam mengatasi abrasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat dalam mengatasi abrasi termasuk dalam kriteria tinggi dengan rata-rata skor 7,58 (63,18%). Sikap masyarakat dalam mengatasi abrasi termasuk dalam kriteria baik dengan skor rata-rata 47,99 (79,98%). Kemudian tindakan masyarakat dalam mengatasi abrasi termasuk dalam kriteria sangat baik dengan rata-rata skor 27,60 (76,67%), dari hasil tindakan ini dapat diklasifikasikan bahwa tindakan masyarakat dalam mengatasi abrasi termasuk dalam klasifikasi tindakan terpimpin. Saran untuk Desa Klidang Lor yaitu pengetahuan masyarakat dalam mengatasi abrasi perlu ditingkatkan lagi, dengan diadakannya sosialisasi tentang faktor penyebab terjadinya abrasi dan upaya mengatasi abrasi. Materi tersebut belum dikuasai dengan baik oleh masyarakat Desa Klidang Lor. Selanjutnya tindakan masyarakat dalam mengatasi abrasi perlu ditingkatkan dan diperdalam lagi, agar nantinya masyarakat bisa berkembang secara mandiri dalam melakukan tindakan mengatasi abrasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Abrasi.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 13:36
Last Modified: 30 Dec 2019 13:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34039

Actions (login required)

View Item View Item