PERANAN BANK SAMPAH DEWI SHINTA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN HIDUP IBU RUMAH TANGGA RW 8, RW 9, DAN RW 11 KELURAHAN PANGGUNG KOTA TEGAL


Tirta Panca Novening Tyas , 3201413031 (2019) PERANAN BANK SAMPAH DEWI SHINTA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN HIDUP IBU RUMAH TANGGA RW 8, RW 9, DAN RW 11 KELURAHAN PANGGUNG KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201413031maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah bersifat kuantitatif. Lokasi penelitian yaitu di Kelurahan Panggung Kota Tegal. Populasinya adalah ibu rumah tangga masyarakat RW 8, 9, 11 Kelurahan Panggung Kota Tegal yang berjumlah 448. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian kali ini adalah teknik Purposive Sampling dimana untuk menentukan sampel penelitian dengan beberapa pertimbangan tertentu yang bertujuan agar data yang diperoleh nantinya bisa lebih representatif ( Sugiyono, 2010 : 26 ). Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah 20% dari populasi yang ada , karena jumlah populasi melebihi 100 yaitu 448 ibu rumah tangga. Berarti 448x20% hasilnya adalah sebanyak 90 sampel. Variabel dalam penelitian kali ini adalah pengetahuan anggota Bank Sampah Dewi Shinta terhadap Pengelolaan sampah, kegiatan yang dilaksanakan Bank Sampah Dewi Shinta dalam mendidik masyarakat, dampak yang signifikan terhadap lingkungan setelah adanya Bank Sampah . Teknik analisis yang di gunakan adalah teknik deskriptif persentase, dan juga wawancara. Hasil penelitian Pada aspek pengetahuan pemilahan dan komposting sampah mendapatkan kriteria baik dengan persentase 73,61%. Selanjutnya pada aspek kegiatan yang dilaksanakan seperti kerajinan tangan dan study banding mendapatkan kriteria baik dengan presentase 63,94%. Pada aspek dampak yang signifikan terhadap adanya bank sampah diperoleh dari hasil wawancara dan juga instrumen bahwa jumlah sampah rumah tangga masyarakat Kelurahan Panggung Kota Tegal sebagian sudah di setorkan ke Bank Sampah Dewi Shinta yang berdampak positif pada berkurangnya jumlah sampah per hari yang dihasilkan di Kota Tegal pada umumnya. Saran, Diharapkan Bank Sampah Dewi Shinta dapat lebih memberikan pelatihan tentang kerajinan tangan sehingga barang kerajinan tangan tersebut dapat lebih memiliki nilai jual yang baik. Diharapkan Bank Sampah Dewi Shinta dapat memiliki bangunan yang lebih luas sehingga dapat menampung sampah terpilah dari masyarakat ataupun anggota Bank Sampah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peranan, Bank sampah, Peduli Lingkungan Hidup.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 13:28
Last Modified: 30 Dec 2019 13:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34034

Actions (login required)

View Item View Item