DAMPAK PERSEBARAN POPULASI PENDUDUK USIA SEKOLAH TERHADAP PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MELALUI SISTEM ZONASI DI KABUPATEN KEBUMEN


DHANI ARBA , 3201412176 (2019) DAMPAK PERSEBARAN POPULASI PENDUDUK USIA SEKOLAH TERHADAP PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MELALUI SISTEM ZONASI DI KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201412176maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

PPDB yang memberlakuan sistem zonasi tersebut dinilai kurang adil bagi peserta didik atau orang tua/wali di Kabupaten Kebumen. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk menganalisis penerapan PPDB melalui sistem zonasi di Kabupaten Kebumen dan (2) Untuk mengevaluasi dampak dari penerapan PPDB melalui sistem zonasi di Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas X dan siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Kebumen. Sampel penelitian ini ditetapkan sebanyak 90 siswa dan 62 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumen matching dan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa (1) Dampak persebaran populasi penduduk usia sekolah (15-19 tahun) terhadap penerimaan peserta didik baru melalui sistem zonasi di Kabupaten Kebumen yaitu tidak terpenuhinya kuota sekolah karena menetapkan jumlah kecamatan dalam zonasi yang berbeda-beda tiap sekolah dan kurang memperhitungkan persebaran jumlah penduduk usia sekolah di wilayah tersebut, persepsi siswa/orangtua bahwa sekolah memperlukan biaya tinggi dan jarak yang jauh untuk menuju ke SMA negeri yang menjadi wilayah zonasinya. (2) Penerapan PPBD sistem zonasi pada SMA Negeri di Kabupaten Kebumen memberikan dampak sedang/cukup tinggi baik dengan skor rata-rata sebesar 55,1 baik dampak secara positif cukup tinggi dengan skor rata-rata sebesar 25,8 dan dampak secara negatif yang lebih tinggi dengan skor rata-rata sebesar 29,3. Bagi siswa penerapan PPDB sistem zonasi juga memiliki dampak sedang/cukup tinggi dengan skor rata-rata sebesar 50 baik dampak secara positif yang cukup tinggi dengan skor rata-rata 29 dan dampak secara negatif yang lebih rendah dengan skor rata-rata 21. Simpulan penelitian yaitu PPDB dengan sistem zonasi di SMA Negeri di Kabupaten Kebumen tak menjamin sekolah mendapatkan siswa sesuai kapasitas/kuota karena dari 14 SMA hanya ada 1 SMA yang kuotanya terpenuhi. Saran penelitian yaitu hendaknya siswa mempersiapkan diri jauh-jauh hari untuk memiliki prestasi sehingga dapat digunakan sebagai jalur masuk PPDB di sekolah yang diinginkan karena masih jarang yang menggunakan jalur prestasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dampak, PPDB, dan Sistem Zonasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 20:28
Last Modified: 26 Dec 2019 20:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34020

Actions (login required)

View Item View Item