KELAYAKAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS JEJARING SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA KOTA SEMARANG


Asep Pujasari Nugraha , 3201412156 (2019) KELAYAKAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS JEJARING SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201412156maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang semakin canggih serta penyebaran informasi dan akses telekomunikasi semakin lebih cepat dan mudah. Dalam pendidikan adanya internet memunculkan gagasan adanya distance learning atau pembelajaran jarak jauh, hal ini di karenakan adanya keterbatasan dalam pembelajaran di kelas dan kondisi pembelajaran sekarang yang membutuhkan pembelajaran yang fleksible dalam waktu dan tempat. lingkungan hidup agar siswa dapat berpartisipasi secara langsung. Permasalahan yang ditemukan di sekolah adalah belum optimal penyerapan materi geografi oleh siswa, pemanfaatan fasilitas wifi dan Facebook di sekolah, sehingga dilakukan penelitian produk media e learning Facebook. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan: 1) mendesain media e-learning Facebook pada pembelajaran geografi, 2) mengetahui kualitas hasil media e-learning Facebook menurut review ahli, dan uji coba siswa, 3) mengetahui kelayakan media e-learning Facebook pada pembelajaran geografi. Desain e-learning Facebook diproduksi dengan merancang flowchart dan storyboard sebagai dasar merancang produk e-learning Facebok Populasi penelitian ini 1 kelas yang diambil dari kelas x dari 6 sekolah yang ada di SMA Kota Semarang. Variabel penelitian ini ialah desain media elearning berbasis jejaring sosial facebook dan tingkat kelayakan pembelajaran e-learning berbasis jejaring sosial facebook. Analisis data yang digunakan ialah analisis deskrptif. Instrumen yang digunakan ialah kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian Perancangan desain e-learning berbasis jejaring sosial facebook layak digunakan sebagai alternaatif media pembelajaran di SMA kelas XI. Hal tersebut berdasarkan penilaian beberapa aspek kelayakan oleh guru dengan presentase kategori baik dan sangat baik. Berdasarkan hasil analisis dari tanggapan siswa dari 6 sekolah yang ada di SMA kota semarang semuanya masuk kedalam kategori sangat baik dengan presentase di atas 75% atau batas kelayakan kategori sangat baik. Maka media e-learning berbasis jejaring sosial facebook layak digunakan sebagai media alternatif pembelajaran geografi di SMA

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, E-Learning, Facebook, Pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 19:55
Last Modified: 26 Dec 2019 19:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34012

Actions (login required)

View Item View Item