PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA ANAK JALANAN DAN KAUM KURANG MAMPU OLEH KOMUNITAS SOSIAL SATOE ATAP KOTA SEMARANG


Aulia Nuradini Azizah , 3301415063 (2019) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA ANAK JALANAN DAN KAUM KURANG MAMPU OLEH KOMUNITAS SOSIAL SATOE ATAP KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3301415063maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Generasi muda adalah generasi penerus bangsa untuk menjadi bangsa yang beradab. Pentingnya pendidikan untuk memberikan hak yang sama bagi anak-anak generasi muda penerus bangsa dan membentuknya menjadi manusia yang berkarakter dan berakhlak, khususnya bagi anak jalanan dan kaum kurang mampu adalah hal yang perlu diperhatikan. Komunitas Satoe Atap merupakan komunitas sosial yang bergerak untuk pembinaan dan pemberdayaan anak jalanan dan kaum kurang mampu di Kota Semarang dalam bidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter tanggung jawab pada anak jalanan dan kaum kurang mampu serta mampu memahami kendala-kendala yang dihadapi oleh Komunitas Sosial Satoe Atap Kota Semarang dalam menjalankan kegiatannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Komunitas Sosial Satoe Atap Kota Semarang. Informan dalam penelitian ini adalah Koordinator, volunteer, dan adik binaan Komunitas Sosial Satoe Atap Kota Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kemudian dokumentasi. Validitas data yang penelitian diperoleh dengan menggunakan triangulasi teknik.Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang tahapannya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) pelaksanaan pendidikan karakter tanggung jawab oleh Komunitas Sosial Satoe Atap Kota Semarang dilaksanakan dengan metode keteladanan, penguatan positif, simulasi, permainan peranan yang dilaksanakan melalui kegiatan rutin dan kegiatan tahunan. Pendidikan karakter tanggung jawab pada adik binaan, yaitu antara lain: mengucapkan maaf dan terimakasih, tanggung jawab mengerjakan tugas dari sekolah, potong kuku, dan mengikuti arahan volunteer, menentukan skala prioritas dalam Bazar For Kids; (2) secara internal, kendala terjadi pada konsistensi volunteer dalam mengikuti kegiatan yang ada di komunitas, sedangkan secara eksternal, yaitu kendala akibat iklim dan cuaca pada spot pengajaran Seroja dikarenakan tempat pengajaran adalah outdoor. Saran yang dapat Saran yang dapat diberikan adalah (1) kepada komunitas diharapkan mampu mengadakan adanya rekruitmen volunteer dan pembentukan struktur kepengurusan; (2) kepada Dinas Sosial Kota Semarang diharapkan mampu melaksanakan perannya sebagai pemerintah untuk menindaklanjuti keberadaan Komunitas Sosial Satoe Atap Kota Semarang atau sejenisnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Tanggung Jawab, Anak Jalanan, Kaum Kurang Mampu
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 19:54
Last Modified: 26 Dec 2019 19:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34011

Actions (login required)

View Item View Item