AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA N 12 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Tuti Purwaningsih , 3201412050 (2019) AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA N 12 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201412050maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Model Discovery Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang berorientasi pada siswa, dimana dalam proses pembelajaran guru sebagai fasilitator mengarahkan siswa untuk dapat menemukan suatu konsep atau prinsip tentang permasalahan yang ada. Pada kenyataannya, pembelajaran geografi dengan model discovery learning sudah dilakukan oleh siswa di SMA N 12 Semarang, namun kenyataannya masih belum maksimal. Tujuan dala penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkata aktivitas siswa dalam model discovery learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 12 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling. Dan kelas yang terpilih adalah kelas X IPS 2 yang berjumlah 28 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dalam model pembelajaran discovery learning. Subvariabel dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dalam merumuskan masalah, aktivitas siswa dalam merumuskan hipotesis, aktivitas siswa dalam mengumpulkan data, aktivitas siswa dalam menguji hipotesis, aktivitas siswa dalam merumuskan kesimpulan. Bedasarkan hasil penelitian aktivitas siswa dalam merumuskan masalah termasuk dalam kriteria “tinggi” dengan perhitungan mean 5,28, dengan persentase 46,43%. aktivitas siswa dalam meumuskan hipotesis termasuk dalam kriteria “rendah” dengan perhitungan mean 5,36, dengan persentase 53,57%. aktivitas siswa dalam mengumpulkan data termasuk dalam kriteria “tinggi” dengan perhitungan mean 8,21, dengan persentase 50%. aktivitas siswa dalam menguji hipotesis termasuk dalam kriteria “tinggi” dengan perhitungan mean 8,43, dengan persentase 67,86%. aktivitas siswa dalam meumuskan masalah termasuk dalam kriteria “rendah” dengan perhitungan mean 5,43, dengan persentase 57,15%. Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran Geografi dapat disimpulkan termasuk dalam kriteria “tinggi”, yaitu pada aktivitas merumuskan masalah,mengumpulkan data, dan menguji hipotesis. Pada aktivitas merumuskan hipotesis, dan menarik kesimpulan termasuk dalam kriteria “rendah”. Penerapan model discovery learning sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran Geografi dapat lebih baik apabila guru memperhatikan kekurangan – kekurangan dalam aktivitas belajar siswa seperti kurangnya aktivitas dan pemahaman siswa dalam mengolah data, dan menyusun laporan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Siswa, Model Discovery
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 19:37
Last Modified: 26 Dec 2019 19:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34006

Actions (login required)

View Item View Item