STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA POKOK BAHASAN HIDROSFER KELAS VII SMPN 1 PABUARAN


Rizkia Umami , 3201412035 (2019) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA POKOK BAHASAN HIDROSFER KELAS VII SMPN 1 PABUARAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3201412035maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh berbgai faktor. Faktor penghambat hasil belajar dikelompokan menjadi faktor dari dalam diri siswa (internal) dan faktor dari luar (eksternal). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana hasil belajar yang dicapai siswa pada pokok bahasan hidrosfer dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Numbered Head Together (NHT)? 2) Hasil belajar manakah yang lebih baik antara pembelajaran yang menggunakan model Teams Games Tournamen (TGT) dengan Numbered Head Together (NHT) pada pokok bahasan hidrosfer? Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai siswa pada pokok bahasan hidrosfer dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournamen (TGT) dan Numbered Head Together (NHT), 2) Untuk mengetahui hasil belajar manakah yang lebih baik antara pembelajaran yang menggunakan model Teams Games Tournamen (TGT) dengan Numbered Head Together (NHT) pada pokok bahasan hidrosfer. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 1 Pabuaran yang berjumlah 288 siswa yang terbagi menjadi 9 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilaksanakan dengan teknik purposive sample yakni mengambil dua kelas dari populasi yang disajikan sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pertimbangan tertentu, tentang kemampuan yang dimiliki siswa dengan karasteristik yang dirasa sama atau hampir sama dalam bidang pengetahuan dan atas dasar saran dari guru mata pelajaran IPS, maka peneliti mengambil sampel pada kelas VII G dan VII H yang berjumlah 32 siswa. Kedua kelas tersebut akan menjadi kelas eksperimen dan akan diberi pembelajaran dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) dan model Numbered Head Together (NHT). Berdasarkan analisis hasil belajar kognitif (post test) dengan uji-t menunjukan t hitung 2,593 dan t tabel 1,998. Karena t hitung > t tabel maka disimpulkan hasil belajar ips pada pokok bahasan hidrosfer menggunakan ix model Teams Games Tournament lebih baik dibandingkan hasil belajar yang menggunakan Numbered Head Together. Saran yang peneliti dapat sampaikan kepada guru ilmu pengetahuan sosial SMP 1 Pabuaran adalah guru dapat memanfaatkan penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) dan model Numbered Head Together (NHT) dalam pemelajaran khususnya materi hidrosfer karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Apabila guru akan menggunakan model Teams Games Tournament dan Numbered Head Together maka guru perlu meningkatkan pemantauan terhadap siswa selama proses diskusi berlangsung untuk menghindari terjadinya kegaduhan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Hasil Belajar, Teams Games Tournament (TGT) Dan Numbered Head Together (NHT).
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 19:32
Last Modified: 26 Dec 2019 19:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34004

Actions (login required)

View Item View Item