PEMBINAAN KARAKTER GOTONG ROYONG PADA ANAK DI PANTI ASUHAN ARROBITOH KOTA PEKALONGAN


Rizka Aristyaningsih , 3301415054 (2019) PEMBINAAN KARAKTER GOTONG ROYONG PADA ANAK DI PANTI ASUHAN ARROBITOH KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3301415054maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Gotong royong merupakan warisan budaya yang telah tumbuh berkembang dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Globalisasi berpengaruh terhadap aspek budaya tatanan masyarakat. Masuknya budaya asing ke Indonesia menyebabkan terjadinya disorientasi nilai-nilai. Disorientasi nilai-nilai yang terjadi di Indonesia ditandai oleh sebagian besar masyarakat yang mengesampingkan konsensus moral yang menjadi kerangka dasar dalam interaksi sosial bertumpu pada nilai-nilai gotong royong. Hal tersebut menjadi penyebab merebaknya watak hedonisme, individualisme, budaya anarkis (kekerasan), konflik dan saling menyakiti (saling bunuh) dalam tata interaksi sosial kehidupan masyarakat Indonesia. Dalam menghadapi perubahan kehidupan sosial akibat pengaruh budaya asing maka perlu adanya gerakan untuk menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat pada nilai-nilai sosial yang berakar pada budaya gotong royong. Upaya yang dilakukan dapat dimulai melalui pendidikan karakter pada anak. Namun pada umumnya anak di Indonesia memiliki latar belakang keluarga berbeda-beda, sehingga masih banyak anak yang kurang beruntung untuk mendapatkan bimbingan, perhatian, dan kasih sayang yang cukup dari kedua orang tuanya. Hal tersebut menyebabkan anak tidak mendapatkan pendidikan karakter serta nilai-nilai sosial yang baik. Salah satu upaya mengantisipasi permasalahan tersebut, panti asuhan Arrobitoh Kota Pekalongan sebagai salah satu lembaga membina dan mendidik karakter anak yang tidak memiliki orang tua (yatim piatu), hal tersebut dimaksudkan agar mereka memiliki kepribadian serta akhlak yang baik dan berkarakter unggul. Pembinaan karakter yang dilakukan salah satunya yaitu pembinaan karakter gotong royong pada anak. Pembinaan karakter gotong royong pada anak dilakukan agar anak memiliki semangat kerjasama, bahu-membahu menyelesaikan persoalan bersama, menjalin komunikasi dan persahabatan, serta memberi bantuan atau pertolongan pada orang-orang yang membutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) pembinaan karakter gotong royong pada anak di Panti Asuhan Arrobitoh Kota Pekalongan; 2) hambatan yang dialami dalam pembinaan karakter gotong royong pada anak di Panti Asuhan Arrobitoh Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di Panti Asuhan Arrobitoh Kota Pekalongan, tepatnya berlokasi di Jalan Teratai No.59 A Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi pengasuh panti putra, pengasuh panti putri serta perwakilan anak asuh di Panti Asuhan Arrobitoh Kota Pekalongan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Tahap analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Karakter, Gotong Royong, Anak, Panti Asuhan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 27 Dec 2019 12:54
Last Modified: 27 Dec 2019 12:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34003

Actions (login required)

View Item View Item