“PERAN PPDP KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES DALAM VERIFIKASI FAKTUAL DATA PEMILIH PADA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI TAHUN 2017


Titi Indriyani M , 3301415006 (2019) “PERAN PPDP KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES DALAM VERIFIKASI FAKTUAL DATA PEMILIH PADA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI TAHUN 2017. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3301415006maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Verifikasi faktual data pemilih merupakan kegiatan yang dilakukan sebelum pelaksanaan pemilu oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dengan mendatangi masing-masing keluarga, memverifikasi dan memberi data (stiker dan formulir telah didaftarkan). Kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk menghasilkan DPT yang berkeadilan, yang merekam semua warga negara, untuk memenuhi hak konstitusional warga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Peran PPDP Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes dalam verifikasi faktual data pemilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2017; 2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan verifikasi faktual data pemilih oleh PPDP Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2017. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Objek Penelitian ini adalah PPDP Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes tahun 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi sumber. Teknik analisis data interaktif meliputi proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan peran PPDP Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes dalam verifikasi faktual data pemilih adalah menerima form A.KWK KPU Kabupaten Brebes dan mengecek jumlah formulir, menyusun jadwal pencocokan dan penelitian, melakukan koordinasi dengan RT/RW dan tokoh masyarakat, melakukan kegiatan pencocokan dan penelitian, melakukan sosialisasi Pilkada 2017, merekapitulasi data pemilih hasil pencocokan dan penelitian serta melaporkan hasil pencocokan dan penelitian kepada PPS. Faktor pendukung pelaksanaan verifikasi faktual data pemilih adalah kesadaran masyarakat dan kerjasama antar anggota PPDP, Faktor penghambatnya masyarakat sulit ditemui, sikap materialistis masyarakat dan data keluarga dalam bahan coklit tidak berurutan. Saran bagi PPDP agar proses verifikasi faktual data pemilih dilaksanakan dengan disiplin sesuai dengan aturan dari KPU sehingga data yang diserahkan bisa dipertanggungjawabkan ketika proses rekapitulasi data pemilih oleh PPK dan KPU.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran, PPDP, Verifikasi Faktual Data Pemilih, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 17:02
Last Modified: 26 Dec 2019 17:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33968

Actions (login required)

View Item View Item