PENANAMAN NILAI-NILAI KETELADANAN PANGERAN DIPONEGORO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA
Ibnu Jarir , 3101415071 (2019) PENANAMAN NILAI-NILAI KETELADANAN PANGERAN DIPONEGORO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (885kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan sejarah memiliki peran penting untuk membentuk karakter, penanaman karakter dilakukan melalui keteladanan pahlawan nasional salah satunya yaitu Pahlawan Diponegoro. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui nilai-nilai keteladanan tokoh Pangeran Diponegoro yang telah ditanamkan di SMA Islam Diponegoro Surakarta, (2) untuk mengetahui cara penanaman nilai-nilai keteladanan Pangeran Diponegoro di pembelajaran sejarah dan (3) untuk mengetahui kendala dalam penanaman nilai-nilai keteladanan Pangeran Diponegoro pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan strategi studi kasus. Lokasi penelitian di SMA Islam Diponegoro Surakarta. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru sejarah dan siswa kelas 11 semua jurusan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Analisis yang digunakan menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) nilai-nilai yang dimiliki oleh Pangeran Diponegoro ditemukan belum ditanamkan di dalam pembelajaran sejarah tetapi telah ditanamkan kepada siswa di SMA Islam Diponegoro Surakarta melalui penerapan budaya sekolah. Nilai-nilai tersebut yaitu nilai religius, mandiri, integritas, nasionalisme, dan gotong royong, (2) penanaman nilai-nilai keteladanan Pangeran Diponegoro dalam pembelajaran sejarah di SMA Islam Diponegoro Surakarta sudah muncul tetapi belum menjadi bagian dari pembelajaran sejarah di SMA Islam Diponegoro Surakarta tetapi, lebih banyak masuk di dalam penerapan budaya sekolah. (3) kendala dalam penanaman nilainilai keteladanan Pangeran Diponegoro dalam proses pembelajaran sejarah yaitu belum adanya porsi khusus untuk penanaman nilai keteladanan Pangeran Diponegoro dalam pembelajaran, dan karakter pribadi siswa yang berbeda-beda. Saran untuk pihak sekolah dan guru agar dapat mengoptimalkan penanaman nilai-nilai keteladanan dari tokoh Pangeran Diponegoro dalam pembelajaran dengan membuat mata pelajaran terkait kediponegoroan agar proses internalisasi nilai-nilai keteladanan pangeran Diponegoro dapat berlangsung lebih optimal dan juga guru harus dapat mempergunakan beberapa metode dan media untuk menanamkan nilai-nilai keteladanan pangeran Diponegoro kepada siswa dalam pembelajaran sejarah sebagai contoh seperti dengan membuat poster-poster terkait nilai-nilai keteladanan pangeran Diponegoro.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penanaman nilai-nilai keteladanan, pangeran Diponegoro, Pembelajaran Sejarah |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 15:59 |
Last Modified: | 26 Dec 2019 15:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33950 |
Actions (login required)
View Item |