PEMETAAN INDEKS POTENSI LAHAN SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) DENGAN METODE MATCHING DI KABUPATEN KLATEN


Dewi Ambarwati, 3212316004 (2019) PEMETAAN INDEKS POTENSI LAHAN SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) DENGAN METODE MATCHING DI KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3212316004maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (762kB) | Preview

Abstract

Kabupaten Klaten memiliki karakteristik lahan yang cukup mendominasi yaitu memiliki daerah yang datar. Daerah datar tersebut memiliki potensi yang sangat baik untuk lahan pertanian padi karena daerah tersebut terbangun atas hasil dari sedimentasi sungai yang umumnya mempunyai tanah yang subur. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan potensi lahan menggunakan metode matching dan untuk menentukan kesesuaian lahan pertanian pada di daerah pemetaan. Metode yang digunakan dalam pemetaan ini adalah metode overlay dengan pendekatan kuantitatif berjenjang bertingkat dengan cara pengharkatan di setiap faktor-faktor yang memiliki nilai harkat masing-masing. Semakin besar nilai harkat yang diperoleh maka akan semakin besar pula pengaruh untuk menciptakan nilai potensi lahan di daerah pemetaan. Hasil yang diperoleh adalah Kabupaten Klaten sudah sesuai dengan pemetaan yang telah dibuat. Kesesuaian tersebut berdasarkan pembagian kelas potensi lahan dan Rencana Tata Ruang Wilayah daerah pemetaan. Terdiri dari empat kelas yaitu rendah, sedang, tinggi dan sangat tinggi. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah Kabupaten Klaten di dominasi oleh kategori dengan kelas tinggi seluas 431,14km (65,72%) yang terdapat di sebagian Kecamatan Manisrenggo, Gantiwarno, Kemalang bagian timur, Karangnongko, Karanganom, Polanharjo dan Delanggu. Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Klaten dibuat berdasarkan rencana untuk 10 tahun mendatang yakni dari tahun 2019-2029. Saran dari pemetaan ini adalah dengan adanya Peta Indeks Potensi Lahan dan Rencana Tata Ruang Wilayah tersebut diharapkan adanya perubahan tata guna lahan yang di sesuaikan dengan potensi yang ada. Perlu adanya peran dari pemerintah dan masyarakat dalam menjaga dan mengolah lahan supaya tidak terjadi kerusakan lahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Potensi, Lahan, Metode Matching
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 13:52
Last Modified: 26 Dec 2019 13:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33897

Actions (login required)

View Item View Item