PENGARUH BEBAN PAJAK, TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi Kasus Pada Perusahaan Multinasional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 – 2016)


Rifky Hermawan , 7211414168 (2018) PENGARUH BEBAN PAJAK, TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi Kasus Pada Perusahaan Multinasional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 – 2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211414168.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Transfer pricing adalah harga yang terkandung dalam setiap produk atau jasa yang ditransfer ke devisi lain pada perusahaan yang sama atau antar perusahaan yang mempunyai hubungan istimewa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh beban pajak, tunneling incentive, mekanisme bonus, dan profitabilitas terhadap transfer pricing pada perusahaan multinasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 - 2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan multinasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 - 2016 yang berjumlah 116 perusahaan. Sampel penelitian berjumlah 45 perusahaan yang memenuhi kriteria berdasarkan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi logistik pada software IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban pajak berpengaruh positif signifikan terhadap tindakan transfer pricing perusahaan multinasional. Sedangkan tunneling incentive, mekanisme bonus, dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap tindakan transfer pricing. Saran dari Penulis bagi penelitian selanjutnya dapat menguji kembali variabel tunneling incentive, mekanisme bonus, dan profitabilitaas dengan proksi yang lain yang dapat memproyeksikan variabel-variabel tersebut dengan lebih baik. Serta dapat juga dengan menambahkan variabel independen lain untuk memperluas cakupan masalah sehingga didapatkan hasil yang lebih luas pula.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Beban Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Profitabilitas, Transfer Pricing.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 13:30
Last Modified: 26 Dec 2019 13:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33892

Actions (login required)

View Item View Item