KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURINGUNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PURWOREJO
Shinta Muliawati , 1301414006 (2019) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURINGUNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURINGUNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PURWOREJO)
- Published Version
Download (751kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena pada siswa-siswa yang mengalami kurangnya keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri dalam menyelesaikan tugas–tugas akademik. Di beberapa mata pelajaran siswa cenderung mengalami kecemasan, enggan mengulangi materi yang telah disampaikan, merasa tidak mampu mengerjakan pekerjaan rumah, menyalin tugas teman, dan putus asa ketika gagal dalam mengerjakan soal. Akibatnya prestasi akademik siswa menjadi cenderung menurun dan siswa menghindar dari mata pelajaran yang dianggapnya sebagai suatu kesulitan. Membangun keyakinan diri terhadap kemampuan siswa sangat penting untuk mengembangan suatu motivasi internal sehingga siswa dapat mencapai prestasi belajar secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa konseling kelompok dengan teknik cognitive restructurimg dapat membantu meningkatkan tingkat self efficacy akademik siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Purworejo, yang berjumlah 256 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling adalah 9 siswa yang memiliki self efficacy akademik sedang dan rendah. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes skala psikologis yang diberikan sebelum dan sesudah diberikan perlakukan konseling kelompok teknik cognitive restructuring. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy akademik siswa sebelum dan sesudah diberikan treatmen berupa layanan konseling kelompok teknik cognitive restructuring mengalami peningkatan. Dari hasil pretest sebesar 56.10% dan hasil post test menjadi 68.30%. Peningkatan yang dialami mencapai 12.20%. Dalam penelitian ini terdapat keefektifan teknik cognitive restructuring terhadap peningkatan self efficacy akademik siswa kelas VIII dengan taraf signifikansi 5% diperoleh (z = -2,666, p<0.05) dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis yang diajukan diterima.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SELF EFFICACY AKADEMIK |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 19 Dec 2019 19:19 |
Last Modified: | 19 Dec 2019 19:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33873 |
Actions (login required)
View Item |