HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN RESILIENSI DENGAN MANAJEMEN WAKTU PADA CALON KONSELOR SEKOLAH (Penelitian pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling UNNES Angkatan 2016-2017)


Ika Rosyadah Hari Afifah , 1301414051 (2019) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN RESILIENSI DENGAN MANAJEMEN WAKTU PADA CALON KONSELOR SEKOLAH (Penelitian pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling UNNES Angkatan 2016-2017). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN RESILIENSI DENGAN MANAJEMEN WAKTU PADA CALON KONSELOR SEKOLAH (Penelitian pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling UNNES Angkatan 2016-2017)]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN RESILIENSI DENGAN MANAJEMEN WAKTU PADA CALON KONSELOR SEKOLAH (Penelitian pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling UNNES Angkatan 2016-2017)) - Published Version
Download (493kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena kuranngnya manajemen waktu pada mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling UNNES. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan resiliensi dengan manajemen waktu pada mahasiswa calon konselor sekolah baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 162 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala manajemen waktu, skala resiliensi, dan skala manajemen waktu. Koefisien skala tersebut adalah 0,287-0,724; 0,327-0,790; dan 0,224-0,646 dengan nilai alpha 0,898; 0,838; dan 0,869. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan resiliensi (R= 0,551, F= 13,603, p= <0,01). Kemudian antara kecerdasan emosional dengan manajemen waktu juga terdapat hubungan yang signifikan (R= 0,444, F= 33,525, p= <0,01). Selanjutnya antara resiliensi dengan manajemen waktu juga terdapat hubungan yang signifikan (R= 0,533, F= 45,713, p= <0,01). Begitu pula antara kecerdasan emosional dan resiliensi secara bersama-sama juga memiliki hubungan yang signifikan dengan manajemen waktu (R= 0,572, F=28,279, p= <0,01). Sehingga penelitian ini yang menunjukkan bahwa adanya hubungan antara kecerdasan emosional dan resiliensi dengan manajemen waktu. Semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki mahasiswa maka semakin baik manajemen waktunya. Sebaliknya, semakin tinggi resiliensi mahasiswa maka akan semakin tinggi pula manajemen waktunya. Tetapi tak dapat dikatakan bahwa kecerdasan emosional dan resiliensi berdampak terhadap manajemen waktu mahasiswa secara sepenuhnya, karena masih terdapat beberapa faktor lain yang memungkinkan untuk mendorong mahasiswa dalam meningkatkan manajemen waktunya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, resiliensi, manajemen waktu
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 19 Dec 2019 13:26
Last Modified: 19 Dec 2019 13:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33848

Actions (login required)

View Item View Item