PEMBELAJARAN PELATIHAN OTOMOTIF DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN SINAR NUSANTARA SEMARANG
Hutami Setya Adiningsih , 1201415068 (2019) PEMBELAJARAN PELATIHAN OTOMOTIF DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN SINAR NUSANTARA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PEMBELAJARAN PELATIHAN OTOMOTIF DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN SINAR NUSANTARA SEMARANG)
- Published Version
Download (694kB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran pelatihan merupakan kegiatan komunkasi antara pendidik dan peserta didik dengan menghasilkan pengetahuan, perubahan perilaku dan menambah keterampilan, pembelajaran ini bersifat nonformal. Tujuan dari penelitian yaitu (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran pada pelatiahan otomotif sepeda montor di LKP Sinar Nusantara, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pada pelatihan otomotif sepeda montor di LKP Sinar Nusantara, (3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran pada pelatihan otomotif sepeda montor di LKP Sinar Nusantara. Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi pada penelitian ini di LKP Sinar Nusantara Semarang. Subyek pada penelitian terdiri dari lima orang informan, direktur utama LKP Sinar Nusantara, 1 koordinator diklat LKP Sinar Nusantara, 1 tutor LKP Sinar Nusantara, dan 2 peserta didik LKP Sinar Nusantara. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dann triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan gambaran tentang proses pembelajaran di LKP Sinar Nusantara Semarang ada tiga tahap (1) perencanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), (2) pelaksanaan pembelajaran yang terdapat tempat pembelajaran, jadwal pembelajaran, model pembelajaran. (3) evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan tertulis dan praktek 90 menit praktek dan 30 menit tertulis. Adapun Sistem evaluasi, dan jenis evaluasi. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahuinya proses pembelajaran dalam pelatihan otomotif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses pembelajaran pelatihan otomotif ini membantu peserta didik dalam dalam menambah ketrampilan untuk masuk dalam dunia usaha. Proses pembelajaran pelatihan otomotif di LKP Sinar Nusantara memiliki perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terstuktur. Saran dari peneliti yaitu, dalam perencanaan lebih diperhatikan lagi sehingga kurikulum dan model pembelajaran dipakai tersebut tepat dan berwujud lancar, saran untuk pendidik lebih tegas dalam peraturan, segingga peserta didik lebih fokus saat proses pembelajaran berlangsung, untuk lembaga lebih menyaring banyak peserta didik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Pelatihan, LKP |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 16 Dec 2019 18:21 |
Last Modified: | 16 Dec 2019 18:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33839 |
Actions (login required)
View Item |