PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS NASKAH DRAMA BERMUATAN NILAI KEARIFAN LOKAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP


Dhimas Pradana Hari Saputra, 2101415093 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS NASKAH DRAMA BERMUATAN NILAI KEARIFAN LOKAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS NASKAH DRAMA BERMUATAN NILAI KEARIFAN LOKAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS NASKAH DRAMA BERMUATAN NILAI KEARIFAN LOKAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan buku pengayan menulis nakah drama dilatar belakang oleh beberapa permasalahan yang dialami oleh siswa dan guru dalam pembelajaran menulis naskah drama. Berdasarkan hasil observasi di tiga sekolah, yaitu SMP Negeri 21 Semarang, SMP Negeri 35 Semarang, dan SMP Negeri 41 Semarang, diketahui bahwa pendidik dan peserta didik hanya menggunakan buku teks Bahasa Indonesia sebagai sumber belajar, terutama pada materi menulis naskah drama. padahal buku teks Bahasa Indonesia edisi revisi 2017 dari Kemedikbud masih terdapat beberapa kekurangan, keterbatasan waktu, kurangnya referensi dan keterbatasan saranan dan prasarana sehingga ketika guru menerangkan materi drama, siswa kurang memahami materi tersebut, dan ketika peserta didik diminta membuat naskah drama dengan tema kearifan lokal Kota Semarang, peserta didik kebingungan karena kurang mengetahui bentuk-bentuk kearifan lokal Kota Semarang. Berdasarkan permasalah tersebut maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan lokal. Pengembangan media tersebut berupa buku pengayaan. Latar belakang pemilihan buku pengayaan karena buku pengayaaan menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan lokal belum ditemukan. Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka penelitia ini mengkaji beberapa permasalahan, diantaranya: (1) bagaimana kebutuhan pendidik dan peserta didik terhadap pengembangan buku pengayaan menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan lokal untuk peserta didik kelas VIII SMP, (2) Bagaimana Karakteristik buku pengayaan menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan ix lokal untuk peserta didik kelas VIII SMP, (3) bagaimana bentuk pengembangan prototipe buku pengayaan menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan lokal untuk peserta didik kelas VIII SMP, dan (4) bagaimana uji validasi dan perbaikan terhadap prototipe buku pengayaan menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan lokal untuk peserta didik kelas VIII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendekripsikan hasil analisis kebutuhan terhadap buku pengayaan menulis naskah drama untuk peserta didik kelas VIII SMP, (2) mendeskripsikan karakteristik buku pengayaan menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan lokal, (3) mendeskripsikan bentuk prototipe buku pengayaan menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan lokal, dan (4) mendeskripsikan hasil penilaian uji validasi oleh ahli serta perbaikan prototipe buku pengayaan menulis naskah drama bermuatan nilia kearifan lokal.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan, Research and Development (R&D). Pada penelitian ini langkah-langkah penelitian hanya dilakukan dengan lima tahap, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain produk, dan (5) revisi desain produk. Sumber penelitian ini adalah pendidik, peserta didik, dan dosen ahli. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan angket. Observasi dan wawancara tidak terstruktur dilakukan untuk mengetahui ketersediaan dan kondisi buku pengayaan tentang menulis naskah drama yang ada di sekolah-sekolah. Sedangkan, Angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kebutuhan dan angket uji validasi. Angket kebutuhan ditujukkan kepada pendidik dan peserta didik dengan tujuan untuk mendapatkan data kebutuhan dalam pengembangan buku pengayaan menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan lokal. Sedangkan angket uji validasi ditujukkan kepada dosen ahli yang ahli dalam bidang pembelajaran sastra khusunya drama dan juga ahli dalam bidang media pengembangan khususnya buku pengayaan. Angket uji validasi ini dapat membantu peneliti untuk dapat mengetahui saran dan perbaikan yang harus dilakukan, sehingga buku pengayaan x menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan lokal dapat bermanfaat jika digunakan dilapangan. Hasil dari penelitian pengembangan buku pengayaan menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan lokal yaitu hasil analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik terhadap pengembangan buku pengayaan menulis menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan lokal yang menghasilkan Karakteristik pengembangan prototipe buku pengayaan menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan. Karakteristik pengembangan prototipe buku pengayaan menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan lokal dibagi dalam lima aspek yaitu (1) aspek materi atau isi, (2)aspek muatan kearifan lokal, (3) aspek penyajian materi, (4) aspek bahasa dan keterbacaan, dan (5) aspek kegrafikan. Sesuai dengan Karakteristik pengembangan prototipe buku pengayaan menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan maka dikembangan prototipe buku pengayaan menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan. Buku pengayaan ini terdiri dari, kulit buku, bagian awal buku, bagian isi buku, dan bagian akhir buku. Kulit buku terdiri atas tiga bagian, yaitu (1) kulit depan buku, (2) kulit belakang buku, dan (3) punggung buku. Pada bagian awal terdiri atas empat komponen, yaitu (1) halaman judul, (2) halaman penerbitan, (3) halaman prakata, dan (4) daftar isi. Pada bagian isi buku pengayaan menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan lokal terdiri atas lima bab, yaitu bab 1 hakikat drama, bab 2 hakikat naskah drama, bab 3 hakikat kearifan lokal, bab 4 menulis naskah drama, dan bab 5 yaitu contoh naskah drama bermuatan nilai kearifan lokal. Sedangkan pada bagian akhir buku terdiri dari profil penulis, glosarium, dan daftar pustaka. Setelah pengembangan prototipe, selanjutnya , hasil penilaian dan perbaikan terhadap prototipe buku pengayaan menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan lokal yang dilakukan oleh dosen ahli. Hasil validasi produk buku pengayaan menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan lokal sebagai berikut: pada aspek materi atau isi buku memperoleh nilai rata-rata dari dosen ahli yaitu 82,5 yanga artinya mendapat kategori sangat baik, aspek penyajian materi mendapat nilai rata-rata 87,5 sehingg termasuk dalam kategori sangat baik, aspek bahasa dan keterbacaan dengan nilai rata-rata 81,25 dengan kategori sangat baik, aspek grafika, nilai rata-ratanya 87,5 dapat diartikan masuk katergori sangat baik, dan aspek muatan kearifan lokal nilai-rata-rata yang didapat 70,83 dengan katergori baik. Adapun perbaikan prototipe buku pengayaan menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan lokal yaitu merubah materi lebih komunikatif sehingga mudah dipahami oleh peserta didik, penambahan muatan kearifan lokal pada setiap materi termasuk contoh naskah drama dan cover buku, dan merubah penyajian materi kearifan lokal kota semarang. Peneliti memiliki beberapa saran kepada guru, peserta didik dan peneliti lainnya berkiatan dengan kebermanfaatan dan keberlanjutan penelitian ini. Adapun saran yang dapat diberikan oleh peneliti sebagai berikut (1) Peserta didik dan guru menggunakan buku pengayaan menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan lokal sebagai buku pendamping dalam pembelajaran menulis naskah drama selain menggukan buku teks bahasa indonesia dari Kemendikbud, (2) Peserta didik dan guru dapat menggunakan buku pengayaan menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan lokal dalam mengenal bentuk-bentuk kearifan lokal dalam kehidupan sehari-hari, dan (3) Peneliti lain perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan buku pengayaan menulis naskah drama bermuatan nilai kearifan lokal untuk peserta didik kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Pengayaan, Menulis naskah Drama, kearifan lokal
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Dec 2019 17:54
Last Modified: 11 Dec 2019 17:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33776

Actions (login required)

View Item View Item