KEEFEKTIFAN PEBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK PANGGIL PENGALAMAN DAN TEKNIK KEKAGUMAN BERBANTU MEDIA FILM PENDEK ANIMASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA DI KOTA SEMARANG


Dzulfikar Akbar , 2101415065 (2019) KEEFEKTIFAN PEBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK PANGGIL PENGALAMAN DAN TEKNIK KEKAGUMAN BERBANTU MEDIA FILM PENDEK ANIMASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK PANGGIL PENGALAMAN DAN TEKNIK KEKAGUMAN BERBANTU MEDIA FILM PENDEK ANIMASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA DI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK PANGGIL PENGALAMAN DAN TEKNIK KEKAGUMAN BERBANTU MEDIA FILM PENDEK ANIMASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA DI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (807kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang berperan penting dalam kehidupan manusia. Dengan menulis seseorang akan menggabungkan antara pikiran dan tindakan, seseorang bisa meningkatakan ilmu pengetahuannya dengan menulis. Pembelajaran menulis puisi bisa menjadi pendidikan karakter siswa. Ekspresi diri yang dituliskan melalui kata-kata dalam puisi akan melatih kejujuran siswa juga kepercayaan diri siswa. Pembelajaran menulis puisi memerlukan teknik dan media yang efektif sehingga bisa memudahkan peserta didik dalam menulis puisi. Teknik panggil pengalaman dan teknik kekaguman berbantu media film pendek animasi akan merangsang siswa dalam menulis puisi sehingga hasilnya bisa lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana keefektifan teknik panggil pengalaman dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas X SMA Sultan Agung 1 Semarang, (2) bagaimana keefektifan teknik kekaguman berbantu media film pendek animasi dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas X SMA Sultan Agung 1 Semarang, (3) Manakah yang lebih efektif antara teknik panggil pengalaman dan teknik kekaguman berbantu media film pendek animasi dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas X SMA Sultan Agung 1 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest group design. Populasi yang terdapat dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA dan kelas X IPS semester 2 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sempel penelitian menggunakan sampling purposive dengan kelas X IPA 6 sebagai kelas eksprimen 1 dengan teknik panggil pengalaman dan kelas IPS 4 sebagai kelas eksperimen 2 dengan teknik kekaguman. Pada tes ini terdapat kegiatan berupa tes awal (pretest), pemberian perlakuan, dan tes akhir (posttest). Instrument pengambilan data berupa proyek menulis puisi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dari data tes awal dan tes akhir. Hasil penelitian menunjukan kelas eksperimen 1(teknik panggil pengalaman) lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi disbanding tenik kekaguman. pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik panggil pengalaman efektif, dibuktikan dengan signifikansi 0,00 < 0,05. Nilai pretest memdapatkan rata-rata 65,24 dengan nilai terendah 54 dan nilai tertinggi 80, sedangkan nilai posttest mendapatkan rata-rata 87,79 dengan nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 95. Pada kelas eksperimen 2 (teknik kekguman) Pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik kekaguman adalah efektif, dibuktikan dengan signifikansi 0,00 < 0,05. Nilai pretest memdapatkan rata-rata 63,11 dengan nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 80, sedangkan nilai posttest mendapatkan rata-rata 84,09 dengan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 95. Pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik panggil pengalaman lebih efektif dibandingkan teknik kekaguman, dibuktikan dengan signifikansi 0,025 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan bahwa (1) Guru bahasa Indonesia hendaknya lebih kreatif dalam memilih dan menggunakan teknik dan media yang tepat untuk materi pembelajaran yang akan diajarkan. Pembelajaran menulis teks puisi menggunakan teknik panggil pengalaman dan teknik kekaguman menggunakan media film pendek animasi bisa menjadi alat yang efektif , (2) Peserta didik hendaknya dapat menerapkan teknik panggil pengalaman maupun teknik kekaguman menggunakan media film pendek animasi dalam pembelajaran menulis puisi karena telah terbukti efektif. Peserta didik juga sebaiknya menerapkan langkah-langkah teknik menulis secara runtut dan sistematis agar tujuan kegiatan menulis dapat dicapai., (3) Bagi penelitian selanjutnya, penggunaan media-media pembelajaran dapat terus dikembangkan agar lebih banyak variasi media pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media film pendek animasi efektif digunakan dalam pembelajaran menulis kreatif puisi dan dapat meningkatkan kreatifitas siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: teknik panggil pengalaman, teknik kekaguman, film pendek animasi, dan teks puisi.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Dec 2019 16:21
Last Modified: 11 Dec 2019 16:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33768

Actions (login required)

View Item View Item