PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS PERSUASI BERMUATAN KESANTUNAN BERBAHASA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER POSITIF PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII
Agustina Eka Fatmawati , 2101415056 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS PERSUASI BERMUATAN KESANTUNAN BERBAHASA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER POSITIF PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS PERSUASI BERMUATAN KESANTUNAN BERBAHASA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER POSITIF PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII)
- Published Version
Download (620kB) | Preview |
Abstract
Buku pengayaan pembelajaran bahasa Indonesia sangat diperlukan dalam pendidikan. Buku tersebut dianjurkan dibaca oleh peserta didik sebagai penambah pengetahuan dan wawasan. Keberadaan buku pengayaan masih terbatas di lingkungan sekolah. Keterbatasan tersebut membuat peserta didik tidak dapat maksimal dalam pembelajaran. Selanjutnya, kebutuhan kompetensi sosial dalam Kurikulum 2013 khususnya aspek kesantunan sangat diperlukan sebagai pembentukan karakter positif peserta didik. Muatan kesantunan dapat dimulai dengan penerapan kesantunan dalam berbahasa. Muatan tersebut sesuai apabila diintregasikan dalam pembelajaran menyajikan teks persuasi. Solusi kebutuhan tersebut adalah dikembangkannya buku pengayaan teks persuasi bermuatan kesantunan berbahasa untuk membentuk karakter positif peserta didik SMP Kelas VIII. Hal tersebut dipenuhi untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menyajikan materi teks persuasi dan kemampuan santun berbahasa dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini meliputi (1) menganalisis kebutuhan buku pengayaan menyajikan teks persuasi bermuatan kesantunan berbahasa untuk membentuk karakter positif peserta didik SMP Kelas VIII; (2) mendeskripsikan prinsip pengembangan buku pengayaan teks persuasi bermuatan kesantunan berbahasa untuk membentuk karakter positif peserta didik SMP Kelas VIII; (3) menyusun prototipe buku pengayaan menyajikan teks persuasi bermuatan kesantunan berbahasa untuk membentuk karakter positif peserta didik SMP kelas VIII yang sesuai dengan persepsi peserta didik dan pendidik; (4) menyusun hasil penilaian ahli terhadap prototipe buku pengayaan menyajikan teks persuasi bermuatan kesantunan berbahasa untuk membentuk karakter positif peserta didik SMP kelas VIII; dan (5) menyusun perbaikan prototipe buku pengayaan menyajikan teks persuasi bermuatan kesantunan berbahasa untuk membentuk karakter positif peserta didik SMP kelas VIII berdasarkan penilaian dari ahli. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang meliputi lima tahap, antara lain (1) potensi dan masalah; (2) mengumpulkan informasi; (3) desain produk; (4) penilaian produk; dan (5) perbaikan produk. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket kebutuhan terhadap pendidik dan peserta didik, dan angket validasi desain. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan pemaparan data dan simpulan data. ix Prototipe buku pengayaan dilaksanakan oleh dua dosen ahli dari jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Hasil penilaian dideskripsikan (1) aspek materi/isi memperoleh nilai sebesar 75,8 dengan kategori baik; (2) aspek penyajian materi memperoleh nilai 68,75 dengan kategori baik.; (3) aspek bahasa dan keterbacaan memperoleh nilai 75 dengan kategori baik, dan (4) aspek grafika memperoleh nilai 77,1 dengan kategori baik. Perbaikan yang dilaksanakan terhadap prototipe buku pengayaan teks persuasi bermuatan kesantunan berbahasa meliputi (1) bagian kulit buku berupa perubahan desain pada kulit buku yang disesuaikan dengan judul buku yang baru; (2) bagian awal berupa perubahan halaman kata pengantar, daftar isi, petunjuk penggunaan buku, dan peta konsep yang diubah atas dasar perbaikan materi pada bab III dan bab IV; (3) bagian isi berupa perubahan materi pada bab III yang diubah dengan memberikan contoh teks persuasi dan pada bab IV yang diganti menjadi langkah menyajikan teks persuasi beserta contohnya; (4) bagian akhir berupa perubahan halaman pada isi indeks yang disesuaikan dengan perubahan halaman buku. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, terdapat saran yang direkomendasikan, antara lain (1) buku pengayaan teks persuasi bermuatan kesantunan berbahasa dapat direkomendasikan sebagai pelengkap proses pembelajaran pada kompetensi dasar 4.14 untuk jenjang SMP Kelas VIII; (2) buku pengayaan teks persuasi bermuatan kesantunan berbahasa bagi peserta didik SMP Kelas VIII dapat diintregasikan muatan yang terkandung di dalamnya berupa pengaplikasian kesantunan berbahasa dalam kehidupan sehari-hari; (3) perlunya dilaksanakan penelitian lanjutan seperti uji coba keefektifan buku sebagai penyempurnaan penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pengayaan, teks persuasi, kesantunan berbahasa |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 11 Dec 2019 13:58 |
Last Modified: | 11 Dec 2019 13:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33765 |
Actions (login required)
View Item |