VERBA SEBAGAI CIRI KEBAHASAAN TEKS BAHASA INDONESIA DALAM KURIKULUM 2013


Rizki Amalia , 2101414054 (2019) VERBA SEBAGAI CIRI KEBAHASAAN TEKS BAHASA INDONESIA DALAM KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of VERBA SEBAGAI CIRI KEBAHASAAN TEKS BAHASA INDONESIA DALAM KURIKULUM 2013]
Preview
PDF (VERBA SEBAGAI CIRI KEBAHASAAN TEKS BAHASA INDONESIA DALAM KURIKULUM 2013) - Published Version
Download (907kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 sebagai penghela ilmu pengetahuan terwujud dalam rancangan pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia yang berbasis teks. Berdasarkan sudut pandang penceritaannya, teks dalam kurikulum 2013 dibagi menjadi dua kempok besar yaitu kelompok sastra dan kelompok nonsastra. Teks-teks dalam kelompok sastra dikategorikan ke dalam genre penceritaan, sedangkan teks-teks genre nonsastra dikelompokkan ke dalam genre tanggapan dan genre faktual. Setiap genre tersebut mempunyai struktur dan ciri kebahasaan yang berbeda-beda. Salah satu ciri kebahasaan yang digunakan pada teks Indonesia yaitu verba atau yang biasa dikenal dengan kata kerja. Berdasarkan latar belakang tersebut, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa bentuk morfologis, perilaku sintaksis, dan perilaku semantis yang dominan pada teks bergenre penceritaan, tanggapan, dan faktual, serta bagaimanakah ciri kebahasaan berdasarkan verba yang terdapat pada setiap genre teks bahasa Indonesia kurikulum 2013. Penelitian ini termasuk penelitian deskripstif kualitatif. Data yang digunakan berupa kalimat yang mengandung verba. Sumber data diperoleh dari teks bahasa Indonesia genre penceritaan, tanggapan, dan faktual. Langkah-langkah penelitian didasarkan pada tiga tahap, yaitu (1) penyediaan data, (2) tahap analisis data, dan (3) tahap penyajian analisis data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Bentuk morfologis yang dominan digunakan pada teks bergenre penceritaan, tanggapan, dan faktual adalah verba turunan. (2) Perilaku sintaksis verba yang dominan digunakan pada teks bergenre penceritaan, tanggapan, dan faktual adalah verba transitif (ekatransitif). (3) Perilaku semantis verba yang dominan digunakan pada: (a) teks bergenre penceritaan dan tanggapan adalah verba perbuatan, dan (b) teks bergenre faktual adalah verba proses. (4) Ciri kebahasaan pada (a) teks bergenre penceritaan berdasarkan verba: menggunakan verba turunan, lebih banyak menggunakan verba transitif (ekatransitif), dan menggunakan verba yang mengandung makna inheren ‗perbuatan‘; (b) teks bergenre tanggapan berdasarkan verba: menggunakan verba turunan, lebih banyak menggunakan verba transitif (ekatransitif), dan menggunakan verba yang mengandung makna inheren ‗perbuatan‘; (c) teks bergenre faktual berdasarkan verba: menggunakan verba turunan, lebih banyak menggunakan verba transitif (ekatransitif), dan menggunakan verba yang mengandung makna inheren ‗proses‘. viii Saran yang dapat direkomendasikan yaitu (1) Bagi pendidik, diharapkan dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai pedoman pengembangan bahan ajar ciri kebahasaan setiap genre teks. (2) Bagi peneliti lain, diharapkan dapat melakukan penelitian untuk memperluas kajian tentang kelas kata sebagai ciri kebahasaan teks kurikulum 2013 selain verba, seperti adjektiva, nomina, adverbia, maupun kata tugas, sehingga dapat dideskripsikan secara lengkap ciri kebahasaan setiap genre teks dalam kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: verba, teks genre penceritaan, teks genre tanggapan, teks genre faktual
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 10 Dec 2019 18:57
Last Modified: 10 Dec 2019 18:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33744

Actions (login required)

View Item View Item