PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMPRODUKSI TEKS CERITA ULANG BIOGRAFIMASYARAKAT PESISIR BERMUATAN NILAI HUMANISTIK UNTUK PESERTA DIDIK SMA
Denny Indra Irawan, 2101412139 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMPRODUKSI TEKS CERITA ULANG BIOGRAFIMASYARAKAT PESISIR BERMUATAN NILAI HUMANISTIK UNTUK PESERTA DIDIK SMA. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMPRODUKSI TEKS CERITA ULANG BIOGRAFIMASYARAKAT PESISIR BERMUATAN NILAI HUMANISTIK UNTUK PESERTA DIDIK SMA)
- Published Version
Download (815kB) | Preview |
Abstract
Negara Indonesia memiliki 2/3 wilayah lautan dan 1/3 wilayah daratan. Oleh sebab itu, masyarakat dunia lebih mengenal negara Indonesia sebagai negara maritim. Walaupun demikian, kekayaan Indonesia belum mampu menopang pembangunan dan ekonomi masyarakat dari berbagai aspek. Hal tersebut dikarenakan adanya eksploitasi yang merugikan, terutama dampaknya terhadap lingkungan pesisir. Oleh sebab itu, agar tidak terjadi eksploitasi secara berkelanjutan dan terus-menerus, maka masyarakat Indonesia perlu menanamkan nilai humanistik dalam kehidupan sehari-hari. Adapun upaya penanaman nilai humanistik dapat dilakukan dengan cara menerapkan konsep konservasi yang menjadi tujuan utama pemerintah, yaitu dengan cara melestarikan, mempertahankan, dan memelihara secara bijak. Dalam upaya mengenalkan kembali masyarakat dengan budaya maritim dan nilai humanistik, dapat dilakukan melalui pendidikan, dengan cara yang ditempuh melalui buku pengayaan. Buku menjadi hal terpenting dalam pembelajaran, akan tetapi ketersediaan buku di lapangan yang mengusung budaya kemaritiman dan muatan nilai humanistik sebagai tema utama yang dimuat dalam tekscerita ulang biografi, belum ada. Padahal, melalui teks cerita ulang biografi, peserta didik dapat meneladani para tokoh yang terdapat pada buku. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana karakteristik kebutuhan peserta didik dan guru terhadap buku pengayaan memproduksi teks cerita ulang biografi masyarakat pesisir bermuatan humanistik untuk peserta didik SMA/SMK, (2) bagaimana pengembangan buku pengayaan memproduksi teks cerita ulang biografi masyarakat pesisir bermuatan humanistik untuk peserta didik SMA/SMK, dan (3) bagaimana penilaian ahli terhadap prototipe buku pengayaan memproduksi teks cerita ulang biografi masyarakat pesisir bermuatan humanistik untuk peserta didik SMA/SMK. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui karakteristik kebutuhan peserta didik dan guru terhadap buku pengayaan memproduksi teks cerita ulang, mengetahui pengembangan buku pengayaan memproduksi teks cerita ulang, dan mengetahui penilaian ahli terhadap prototipe buku pengayaan memproduksi teks cerita ulang yang dikembangkan oleh peneliti. vii Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R &D) yang dilakukan dalam enam tahapan, yaitu survey pendahuluan, awal pengembangan prototipe buku pengayaan, desain produk, validasi produk, revisi dan perbaikan produk, serta deskripsi hasil penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik, guru dan ahli. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket dan pedoman wawancara. Analisis data yang dilakukan menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu pemaparan dan simpulan data. Adapun hasil penelitian yang diperoleh: (1) karakteristik kebutuhan bukudidasarkan pada hasil analisis angket dan wawancara terhadap peserta didik danguru yang meliputi lima aspek, yaitu: kebutuhan buku pengayaan, materi tekscerita ulang, tema biografi tokoh masyarakat pesisir, muatan nilai humanistik, sertaharapan peserta didik dan guru terhadap pengembangan buku; (2) pengembanganprototipe disusun berdasarkan prinsip-prinsip penyusunan buku yang sebelumnyatelah ditentukan. Adapun pengembangan prototipe yang disusun, meliputi: bagiansampul buku, fisik buku, dan isi buku. Sampul buku, terdiri atas: sampul depandan sampul belakang. Fisik buku, terdiri atas: ukuran buku, ketebalan buku, jenissampul buku, jenis kertas, penyajian nomor, dan ilustrasi sampul. Isi buku, terdiriatas: aspek awal buku, aspek isi buku, dan aspek akhir buku; dan (3) penilaian ahliterhadap prototipe dilakukan kepada dua dosen ahli. Dari pengujian yang telahdilakukan, buku mendapat penilaian dan saran perbaikan pada aspek awal buku, isibuku, dan akhir buku. Aspek awal buku memperoleh rata-rata 93,75 (kategoribaik); aspek isi buku memperoleh rata-rata 88,39 (sangat baik); dan aspek akhirbuku rata-rata 85,41 (kategori baik). Berdasarkan penilaian dan saran perbaikandari dosen ahli, peneliti melakukan perbaikan pada a) awal buku, meliputi: judulbuku, ilustrasi sampul depan,; b) isi buku, meliputi: ilustrasi halamanpembatas tiap bab, halaman petunjuk penggunaan buku; dan c) akhir buku, meliputi:sinopsis, serta ilustrasi dan desain sampul belakang. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini, yaitu (1) para peserta didik hendaknya menggunakan buku pengayaan ini sebagai buku pelengkap memproduksi teks cerita ulang, apabila mengalami kesulitan ketika memproduksi teks cerita ulang; (2) para guru hendaknya menggunakan buku pengayaan ini sebagai buku penunjang pembelajaran memproduksi teks cerita ulang dan buku untuk mengenalkan kemaritiman kepada peserta didik, biografi tokoh masyarakat pesisir; (3) para pemerhati pendidikan hendaknya mengadakan pengembangan buku pengayaan mengenai wawasan kemaritiman yang diperuntukkan bagi pembaca, terutama peserta didik. Hal ini dimaksudkan untuk membangun kembali cinta budaya maritim kepada para pembaca melalui buku; (4) para peneliti lainnya hendaknya perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji buku pengayaan memproduksi teks cerita viii ulang biografi masyarakat pesisir bermuatan nilai humanistik agar buku tersebut dapat digunakan secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Pengayaan, Teks Cerita Ulang Biografi, Nilai Humanistik |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 09 Dec 2019 14:57 |
Last Modified: | 09 Dec 2019 14:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33719 |
Actions (login required)
View Item |