PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERMUATAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL MENGGUNAKAN MODEL SUGESTI-IMAJINASI DENGAN TEKNIK KERANGKA TULISAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X TKKR 3 SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS


Nur Mayasari Hayati, 2101412113 (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERMUATAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL MENGGUNAKAN MODEL SUGESTI-IMAJINASI DENGAN TEKNIK KERANGKA TULISAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X TKKR 3 SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERMUATAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL MENGGUNAKAN MODEL SUGESTI-IMAJINASI DENGAN TEKNIK KERANGKA TULISAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X TKKR 3 SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERMUATAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL MENGGUNAKAN MODEL SUGESTI-IMAJINASI DENGAN TEKNIK KERANGKA TULISAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X TKKR 3 SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS) - Published Version
Download (526kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan diketahui bahwa keterampilan mengonstruksi teks laporan hasil observasi peserta didik kelas X TKKR 3 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus masih rendah. Hal ini disebabkan oleh tiga hal, yaitu pertama peserta didik kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi. Kedua peserta didik kesulitan dalam menemukan deskripsi yang akan ditulis dalam teks laporan hasil observasi. ketiga, peserta didik juga kesulitan dalam menuangkan informasi atau gagasan ke dalam teks. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah penelitian ini yaitu, 1) bagaimana proses pembelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi bermuatan kearifan budaya lokal dengan menggunakan model sugesti-imajinasi dengan teknik kerangka tulisan pada peserta didik kelas X TKKR 3 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus, 2) bagaimana peningkatan kemampuan mengonstruksi teks laporan hasil observasi peserta didik kelas X TKKR 3 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus setelah mengikuti proses pembelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi bermuatan kearifan budaya lokal dengan menggunakan model sugestiimajinasi dengan teknik kerangka tulisan, 3) bagaiamana perubahan perilaku peserta didik kelas X TKKR 3 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus setelah mengikuti proses pembelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi bermuatan kearifan budaya lokal dengan menggunakan model sugesti-imajinasi dengan teknik kerangka tulisan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Sugesti-Imajinasi, teknik kerangka tulisan, dan muatan kearifan lokal sebagai upaya peningkatan keterampilan peserta didik kelas X TKKR 3 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus dalam pembelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi. Variabel penelitian ini yaitu keterampilan mengonstruksi teks laporan hasil observasi bermuatan kearifan budaya lokal, variabel penggunaan model Sugesti-Imajinasi, dan penggunaan kerangka tulisan. Instrumen penelitian berupa instrumen tes dan instrumen nontes. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes dan nontes. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil pembelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi bermuatan kearifan budaya lokal menggunakan model Sugesti-Imajinasi dengan teknik kerangka tulisan pada peserta didik kelas X TKKR 3 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus vii mengalami perubahan yang baik. Pada siklus I dan siklus II proses pembelajaran berjalan cukup baik, dari kegiatan pendahuluan hingga penutup sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun. Nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 76,25 masuk dalam kategori baik. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 87,63 dan masuk dalam ketegori sangat baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 11,38. Pemerolehan hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi bermuatan kearifan budaya lokal menggunakan model Sugesti-Imajinasi dengan teknik kerangka tulisan pada peserta didik kelas X TKKR 3 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus dapat dikatakan berhasil. Peningkatan nilai peserta didik dalam pembelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi diikuti dengan perubahan perilaku peserta didik ke arah yang lebih positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru agar model Sugesti-Imajinasi dan teknik kerangka tulisan dengan teks laporan hasil observasi bermuatan kearifan budaya lokal dapat dijadikan alternatif untuk mengajarkan materi mengonstruksi teks laporan hasil observasi, maupun materimateri lain yang serupa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mengonstruksi teks, laporan hasil observasi, model sugestiimajinasi, kearifan budaya lokal.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Dec 2019 14:22
Last Modified: 06 Dec 2019 14:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33717

Actions (login required)

View Item View Item