PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT MATERI KH. AHMAD RIFA’I DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PERJUANGAN KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDAR
Karina Hasbi Jantari, 3101414050 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT MATERI KH. AHMAD RIFA’I DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PERJUANGAN KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 1 Bandar menemukan bahwa pembelajaran sejarah masih menggunakan lembar kerja siswa dan buku siswa yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Berkaitan dengan pembelajaran sejarah lokal masih sangat minim, terutama kurangnya pengembangan materi mengenai sosok KH. Ahmad Rifa'i dan kurangnya sumber belajar yang dapat digunakan oleh guru dan siswa. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengembangkan bahan ajar sejarah pada materi ini yang dikemas dalam bentuk handout. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui analisis kebutuhan bahan ajar sejarah di SMA Negeri 1 Bandar; (2) Pengembangan bahan ajar handout KH. Ahmad Rifa'i; dan (3) Kelayakan bahan ajar bahan handout KH. Ahmad Rifa'i. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Pengembangan dilakukan dengan empat tahap, yaitu mendefinisikan, merancang, mengembangkan dan menyebarluasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Bandar menggunakan bahan ajar berupa LKS dan modul yang tersedia di sekolah. Bahan ajar yang kurang dalam hal konten material, kurangnya teknik pelatihan, desain yang kurang menarik, dan tidak sesuai dengan kurikulum yang berlaku; (2) Pengembangan dilaksanakan melalui empat tahapan pengembanganbahan ajar yang baik; (3) Hasil penilaian validasi I materi didapatkan hasil 82,4% dan validasi II didapatkan hasil 92,7%. Hasil validasi I media didapatkan hasil 76,1%. Sedangkan hasil penilaian validasi II media didapatkan hasil 85,4%. Selain itu, hasil tanggapan guru adalah 87,2% dan tanggapan siswa adalah 96,7%. Sehingga hasil bahan ajar yang cocok untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah di sekolah. Berdasarkan kesimpulan di atas, saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah, (1) Guru harus dapat memaksimalkan potensi untuk mengembangkan bahan ajar berdasarkan potensi di tingkat lokal; (2) Dalam menyusun bahan ajar guru untuk memperhatikan materi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang akan dikembangkan, sehingga tujuan pembuatan bahan ajar menjadi jelas; (3) Pengembangan Modul berbasis Pendekatan Ilmiah diharapkan dapat meningkatkan pencapaian pengajaran sejarah berdasarkan Kurikulum 2013; (4) Guru dapat menggunakan handout materi KH. Ahmad Rifa'i dalam melawan kolonialisme sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Bahan Ajar, Handout, KH. Ahmad Rifa'i, Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia, Development, Teaching Material, Handout, KH. Ahmad Rifa'i, history the struggle for independence of the Republic of Indonesia |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General) L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 15:01 |
Last Modified: | 05 Dec 2019 15:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33689 |
Actions (login required)
View Item |