IMPLEMENTASI MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER NASIONALISME SISWA KELAS XI SMA N 1 PECANGAAN TAHUN AJARAN 2018/2019


Khusnul Milal, 3101414037 (2019) IMPLEMENTASI MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER NASIONALISME SISWA KELAS XI SMA N 1 PECANGAAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101414037maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar untuk mencapai suatu kebaikan. Akan tetapi dunia pendidikan seringkali tercoreng oleh perilaku peserta didik yang kurang terpuji. Hal tersebut tentunya menunjukkan kurangnya kesadaran diri peserta didik. Karakter merupakan aspek yang sangat penting bagi keberlangsungan bangsa ini. Pemerintah sebenarnya sudah memberikan peran yang cukup baik, hal itu dapat dilihat dari kurikulum pendidikan yang mengedepankan pendidikan karakter, akan tetapi siswa dirasa perlu pemahaman yang lebih mendalam. Melalui materi proklamasi kemerdekaan diharapkan siswa mampu mendapatkan pemahaman nasionalisme sehingga menjadi dasar dalam pendidikan karakter bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan materi proklamasi terhadap pembentukan karakter nasionalisme siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pecangaan. Jenis penelitian ini adalah mix methodsdengan menggunakan model concurrent embeded. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pecangaan yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian ini adalah observasi, soal, angket, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kuntitatif – kualitatif bersama. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa penguasaan materi proklamasi kemerdekaan berpengaruh terhadap pembentukan karakter nasionalisme siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA Negeri 1 Pecangaan. Penelitian dilakukan di dua kelas. Dari dua kelas tersebut kemudian dijadikan satu sehingga jumlah peserta didik adalah 69. Data menunjukkan bahwa semakin tinggi penguasaan materi maka semakin besar karakter nasionalisme peserta didik. Besaran pengaruh kemiringan adalah Y = 1,162x – 30,47 = R2= 0,617. Sedangkan signifikasi korelasi (hubungan) antara keduanya adalah 0,000. Oleh karena signifikasi hitung lebih kecil dari batas kesalahan (alpha) sebesar 0,05 atau 0,000 < 0,05; maka memiliki korelasi diantara keduanya. Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh penggunaan penguasaan materi proklamasi kemerdekaan terhadap pembentukan karakter nasionalisme siswa di SMA Negeri 1 Pecangaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Materi, Pengaruh, dan Karakter Nasionalisme, Material Mastery, Influence, and Nationalism Characteristics
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 05 Dec 2019 14:43
Last Modified: 05 Dec 2019 14:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33682

Actions (login required)

View Item View Item