HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN KERJA DENGAN SUBJECTIVE WELL-BEING (SWB) PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE DI KOTA SEMARANG


Ernawati , 1511414129 (2019) HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN KERJA DENGAN SUBJECTIVE WELL-BEING (SWB) PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN KERJA DENGAN SUBJECTIVE WELL-BEING (SWB) PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE DI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN KERJA DENGAN SUBJECTIVE WELL-BEING (SWB) PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE DI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (635kB) | Preview

Abstract

Maraknya ojek online yang ada di lapangan dan sistem bagi hasil yang diterapkan perusahaan ojek online yang hanya mengambil sedikit persentase dari penghasilan para pengemudi ojek online membuat banyak orang antusias mendaftar sebagai pengemudi ojek online, namun tidak semua pengemudi ojek online mengalami kebahagiaan. Kebahagiaan di tempat kerja adalah ketika seorang individu merasa puas dengan pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepuasan kerja dengan subjective well-being pada pengemudi ojek online di kota Semarang dan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengemudi ojek online dengan karakteristik bekerja di wilayah kota Semarang, berusia 18 s.d. 53 tahun, dan lama bekerja > 2 minggu. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis quota sampling sejumlah 160 subjek. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala kepuasan kerja yang terdiri dari 17 item dengan reliabilitas sebesar 0,708 dan skala subjective well-being yang terdiri dari 22 item dengan reliabilitas sebesar 0,817. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik korelasi Spearman untuk mencari hubungan antara kepuasan kerja dengan subjective well-being pada pengemudi ojek online di kota Semarang dengan bantuan software pengolah data. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Gambaran umum subjective well-being pada pengemudi ojek online di kota Semarang termasuk dalam kategori tinggi. Begitu pula apabila dilihat secara spesifik berdasarkan dua komponen subjective well-being, yaitu komponen kognitif dan afektif berada pada kategori tinggi pula. 2) Gambaran umum kepuasan kerja pada pengemudi ojek online di kota Semarang termasuk dalam kategori sedang. Apabila dilihat secara spesifik berdasarkan kelima dimensi kepuasan kerja, tiga dimensi berada pada kategori tinggi yaitu dimensi pekerjaan itu sendiri, gaji/upah, dan rekan kerja. Sedangkan untuk dimensi promosi dan pengawasan berada pada kategori sedang. 3) Ada hubungan positif antara kepuasan kerja dengan subjective well-being pada pengemudi ojek online di kota Semarang, karena diperoleh nilai signifikansi korelasi (p) sebesar 0,000 dan koefisisen korelasi (r) sebesar 0,591.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepuasan kerja, subjective well-being, pengemudi ojek online
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Dec 2019 12:43
Last Modified: 05 Dec 2019 12:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33645

Actions (login required)

View Item View Item