PERBEDAAN ACADEMIC BUOYANCY MAHASISWA PSIKOLOGI UNNES DITINJAU DARI JALUR SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI


Asoka Sekar Langit , 1511414109 (2019) PERBEDAAN ACADEMIC BUOYANCY MAHASISWA PSIKOLOGI UNNES DITINJAU DARI JALUR SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERBEDAAN ACADEMIC BUOYANCY MAHASISWA PSIKOLOGI UNNES DITINJAU DARI JALUR SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI]
Preview
PDF (PERBEDAAN ACADEMIC BUOYANCY MAHASISWA PSIKOLOGI UNNES DITINJAU DARI JALUR SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI) - Published Version
Download (549kB) | Preview

Abstract

Academic Buoyancy merupakan kemampuan atau kapasitas siswa untuk mengatasi tugas, masalah, rintangan, kesulitan, dan penurunan dalam ranah akademik sehari hari. Adanya perbedaan dalam Academic Buoyancy pada mahasiswa yang diterima melalui seleksi masuk PTN dengan jalur tertentu (SNMPTN, SBMPTN, SM-UNNES) dapat mengindikasikan adanya perbedaan kemampuan mahasiwa-mahasiswa tersebut dalam menghadapi tantangan dan mengatasi kesulitan akademik yang umumnya ada pada masa perkuliahan, hal ini didasarkan pada adanya perbedaan kriteria dalam menyaring calon mahasiswa tersebut. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 146 yang terdiri dari 36 mahasiswa SNMPTN, 49 mahasiswa SBMPTN, dan 61 mahasiswa Seleksi mandiri UNNES. Academic Buoyancy diukur menggunakan skala Academic Buoyancy yang terdiri dari 70 aitem, yang kemudian data yang dihasilkan dianalisis menggunakan teknik analisis Kruskal-Wallis. Validitas dengan teknik product moment menunjukan skala penelitian Academic Buoyancy valid dengan koefisien validitas berkisar antara 0,301 hingga 0,651. Reliabilitas skala dengan formula Alpha Cronbach menunjukan koefisien reliabilitas 0,935 sehingga skala ini dinaytakan reliabel untuk digunakan dalam pengukuran. Hasil penelitian menunjukan bahwa Academic Buoyancy Mahasiswa Psikologi secara umum berada pada kategori tinggi. Sama halnya dengan Academic Buoyancy pada mahasiswa yang diterima melalui jalur seleksi masuk SNMPTN, SBMPTN dan SM-UNNES. Hasil uji hipotesis dengan teknik analisis Kruskall Wallis menunjukan Academic Buoyancy memiliki signifikansi (Sig.) 0,606 lebih besar dari Signifikasi 0,05 (p > 0,05), yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara Academic Buoyancy mahasiswa yang diterima melalui jalur Seleksi SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri UNNES. Sehingga hipotesis penenilitian dinyatakan ditolak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Academic Buoyancy, Jalur SNMPTN, SBMPTN, SM-UNNES
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Dec 2019 12:45
Last Modified: 05 Dec 2019 12:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33642

Actions (login required)

View Item View Item