KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CONCEPT SENTECE MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS V SDN GUGUS PATIMURA
Intan Faradilla , 1401415412 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CONCEPT SENTECE MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS V SDN GUGUS PATIMURA. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CONCEPT SENTECE MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS V SDN GUGUS PATIMURA)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dari hasil observasi pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Gugus Patimura, siswa mengalami kesulitan dalam menulis pantun. Siswa kesulitan menulis pantun yang sesuai dengan kriteria dan konteks yang diharapkan oleh guru. Ada faktor yang mempengaruhi hasil belajar menulis pantun, diantaranya model dan media pembelajaran. Model pembelajaran yang yang digunakan belum mengarah pada model yang seutuhnya. Selain model, media pembelajaran yang digunakan oleh guru juga kurang menarik. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design. Penelitian ini model pembelajaran cooperative learning tipe concept sentence menggunakan media pop-up book . Alasan penggunaan model ini karena dapat membantu siswa lebih memahami kata kunci dari materi pokok pelajaran.Media pop-up book dipilih karena media tersebut merupakan media tulis yang dapat meningkatkan minat dan keterampilan menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran cooperative learning tipe concept sentence menggunakan media pop-up book terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas V SDN Gugus Patimura. penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas V SDN Gugus Patimura. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, uji T-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa data pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata nilai postes kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata nilai postes kelas eksperimen sebesar 87 dan rata-rata postes kelas kontrol sebesar 77. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung (2,6150) > ttabel (1,6747) dapat diatikan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran cooperative learning tipe concept sentence menggunakan media pop-up book lebih besar dibandingkan model example non example. Rata-rata gain kelas kontrol lebih kecil dibandingkan kelas eksperimen (0,4959 < 0,6105). Berdasarkan analisis data indeks gain, peningkatan kelas eksperimen termasuk dalam kategori sedang. Keaktifan siswa sangat baik dengan rata-rata 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe concept sentence menggunakan media pop-up book efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis pantun siswa kelas V. Saran bagi guru hendaknya memilih media dan model yang dapat memberikan motivasi siswa untuk aktif di kelas. Berdasarkan keefektifan model dan media yang digunakan dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi pemilihan model dan media yang dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pop-up book, cooperative learning tipe concept sentence, menulis pantun |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 12:34 |
Last Modified: | 04 Dec 2019 12:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33594 |
Actions (login required)
View Item |