PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATERI MEMAPARKAN INFORMASI PENTING DARI MENGGALI TEKS NARASI PADA SISWA KELAS V SDN KARANG JUWANA
Mimin Novita Sari , 1401415411 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATERI MEMAPARKAN INFORMASI PENTING DARI MENGGALI TEKS NARASI PADA SISWA KELAS V SDN KARANG JUWANA. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATERI MEMAPARKAN INFORMASI PENTING DARI MENGGALI TEKS NARASI PADA SISWA KELAS V SDN KARANG JUWANA)
- Published Version
Download (955kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam aspek keterampilan berbicara yang disebabkan karena keterbatasan media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik untuk kelas V SD yakni, 1) menghasilkan media komik, 2) menguji kelayakan media komik, dan 3) menguji keefektifan media komik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian (RnD) dengan delapan tahapan pelaksanaan (Sugiyono, 2016a:408), yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: a) media komik yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa, b) hasil uji kelayakan yang dilakukan validator materi mendapat rata-rata persentase 97,7% dengan kriteria sangat layak dan ahli media mendapat rata-rata persentase 91,3% dengan kriteria sangat layak, c) uji kelayakan oleh guru dan siswa pada uji lapangan awal mendapat persentase 85% dari guru kelas V SDN Karang dan 89,6% dari siswa, dan d) uji keefektifan skala terbatas media komik pada siswa kelas V SDN Karang menghasilkan rata-rata nilai sebelum (pretest) adalah 46,2 dan rata-rata nilai sesudah (posttest) adalah 77,4. Media komik efektif digunakan pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi memaparkan informasi penting dari menggali teks narasi dilihat dari uji perbedaan rata-rata belajar dengan thitung 25,54 sebesar dan ttabel 2,05. Data penghitungan N-gain sebesar 0,6892 dilihat dari selisih hasil pretest dan posttest. Simpulan hasil penelitian ini yaitu media komik layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia materi memaparkan informasi penting dari menggali teks narasi. Peneliti memberi saran agar guru mengembangkan media pembelajaran bahasa Indonesia yang bervariasi agar pemahaman dan keterampilan berbahasa siswa dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Indonesia, komik, memaparkan informasi penting dari teks narasi. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 12:34 |
Last Modified: | 04 Dec 2019 12:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33593 |
Actions (login required)
View Item |