PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPEGA BERBASIS STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN 1 CENING SINGOROJO KENDAL


Tikalistiana , 1401415404 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPEGA BERBASIS STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN 1 CENING SINGOROJO KENDAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPEGA BERBASIS STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN 1 CENING SINGOROJO KENDAL]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPEGA BERBASIS STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN 1 CENING SINGOROJO KENDAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi keragaman budaya di Indonesia muatan IPS. Hal tersebut terjadi karena kurangnya penggunaan media dan model pembelajaran dalam kegiatan belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan usaha dengan mengembangkan media Papega berbasis STAD materi keragaman budaya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media Papega berbasis STAD untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian pengembangan metode Research and Development model Sugiyono yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peneliti. Tempat dan waktu penelitian yaitu SDN 1 Cening Singorojo Kendal pada semester genap tahun 2018/2019. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis tes berupa pretest dan posttest serta non tes berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data meliputi analisa data produk, analisa data awal, dan analisa data akhir. Teknik pelaporan menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) desain media pembelajaran Papega Berbasis STAD dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. (2) kelayakan media Papega berbasis STAD dlihat dari penilaian ahli media sebesar 96% (sangat layak) dan ahli materi sebesar 92% (sangat layak) serta angket tanggapan siswa dan guru. (3) keefektifan media Papega berbasis STAD dapat dilihat dari hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil belajar siswa dinilai dari uji N-gain sebesar 0.44927 (sedang), hasil analisis data akhir untuk kemampuan berpikir kreatif siswa dengan uji N-gain sebesar 0.3209 (sedang). Simpulan dari penelitian ini adalah baik dari sisi desain pengembangan, kelayakan,maupun keefektifan dari pengembangan media Papega berbasis STAD tepat untuk digunakan dalam pembelajaran IPS materi keragaman budaya di Indonesia siswa kelas IV SDN 1 Cening.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media Papega berbasis STAD, kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 04 Dec 2019 12:37
Last Modified: 04 Dec 2019 12:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33590

Actions (login required)

View Item View Item