PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DIKLAT TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SE-KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES
Yunira Suci Ayuni , 1401415379 (2019) PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DIKLAT TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SE-KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DIKLAT TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SE-KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES)
- Published Version
Download (789kB) | Preview |
Abstract
Kualitas guru akan menentukan keberhasilan KBM pada setiap instansi pendidikan, khususnya pada tingkat pendidikan dasar, supaya tujuan pendidikan nasional dapat dicapai dengan optimal melalui kegiatan KBM yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Dibutuhkan guru yang memiliki kompetensi pedagogik baik. Guru yang mempunyai kompetensi pedagogik baik pasti bisa mengimplementasikan kurikulum dengan benar. Ada tiga faktor yang memengaruhi kompetensi pedagogik guru yaitu faktor latar belakang pendidikan, individu, dan supervisi. Motivasi kerja, dan diklat merupakan bagian dari faktor individu dan latar belakang pendidikan guru yang dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan diklat terhadap kompetensi pedagogik guru SDN dalam implementasi kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SDN di Kecamatan Sirampog dengan jumlah 260 guru. Pengambilan sampel menggunakan Cluster sampling dan diperoleh sampel sebanyak 118 guru. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, dan kuisioner. Penghitungan pengujian hipotesis menggunakan program bantuan SPSS versi 24. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi ganda, analisis determinasi, dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi kerja terhadap kompetensi pedagogik guru ditunjukan dengan thitung > ttabel (4,133 > 1,98) dengan pengaruh sebesar 12,3%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara diklat terhadap kompetensi pedagogik guru SD ditunjukan dengan thitung > ttabel (3,881 > 1,98) dengan pengaruh sebesar 20,9%; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi kerja dan diklat secra bersama-sama terhadap kompetensi pedagogik guru SD dilihat dari Fhitung > Ftabel (15,176 > 3,075) dengan pengaruh sebesar 20,9%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diklat, implementasi kurikulum 2013, kompetensi pedagogik guru, motivasi kerja. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 12:40 |
Last Modified: | 04 Dec 2019 12:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33586 |
Actions (login required)
View Item |