MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MEMBUAT KARYA DEKORATIF SISWA KELAS III DI SDN SAMPANGAN 02 SEMARANG


Danang Febtiansyah , 1401415369 (2019) MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MEMBUAT KARYA DEKORATIF SISWA KELAS III DI SDN SAMPANGAN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MEMBUAT KARYA DEKORATIF SISWA KELAS III DI SDN SAMPANGAN 02 SEMARANG]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MEMBUAT KARYA DEKORATIF SISWA KELAS III DI SDN SAMPANGAN 02 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Karya seni dekoratif adalah karya seni yang bertujuan untuk menghias suatu benda agar lebih indah dan menarik. Data di lapangan terlihat siswa antusias dalam membuat karya dekoratif, bahan yang digunakan untuk membuat karya dekoratif belum bervariatif, tidak ada buku pedoman untuk membuat karya dekoratif selain buku siswa dan guru, hasil karya dekoratif antara siswa satu dengan siswa lain masih cenderung sama. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan model discovery learning materi membuat karya dekoratif, kreativitas siswa dalam membuat karya dekoratif, dan aktivitas siswa dalam membuat karya dekoratif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SDN Sampangan 02 Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas III B, guru senior dan siswa kelas III B yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan model discovery learning untuk meningkatkan kreativitas membuat karya dekoratif siswa termasuk dalam kategori sangat baik. Pelaksanaan model discovery learning dalam membuat karya dekoratif meliputi: memberikan stimulus, memberikan suatu masalah, mengumpulkan data, memproses data, pembuktian, dan penarikan kesimpulan. Kreativitas karya dekoratif meliputi: keluwesan, mempunyai daya imajinasi yang kuat, kerumitan motif hiasan, peka terhadap nilai estetik, kerapihan dan kebersihan, keorisinilan, kelancaran, dan keunikan termasuk dalam kategori baik. Aktivitas belajar siswa meliputi: keantusiasan ketika dibeikan stimulus; antusiasme mengolah data, semangat dalam proses verifikasi, dan antusiasme dalam menarik kesimpulan termasuk dalam kategori sangat baik. Simpulan penelitian yaitu model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam membuat karya dekoratif. Saran dalam penelitian yaitu, diharapkan kepala sekolah menyediakan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran seperti penyediaan buku materi karya dekoratif dan melakukan penilaian terhadap kinerja guru; guru lebih kreatif dalam memimpin jalannya diskusi; siswa dapat lebih kreatif lagi dalam membuat karya dekoratif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model discovery learning, kreativitas, aktivitas belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 18:12
Last Modified: 03 Dec 2019 18:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33581

Actions (login required)

View Item View Item