PENGARUH MINAT BELAJAR CODING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DAN PERANGKAT BERGERAK SISWA KELAS XI RPL SMK NEGERI 8 SEMARANG


Zahrotun Nafidah , 1102415070 (2019) PENGARUH MINAT BELAJAR CODING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DAN PERANGKAT BERGERAK SISWA KELAS XI RPL SMK NEGERI 8 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MINAT BELAJAR CODING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DAN PERANGKAT BERGERAK SISWA KELAS XI RPL SMK NEGERI 8 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH MINAT BELAJAR CODING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DAN PERANGKAT BERGERAK SISWA KELAS XI RPL SMK NEGERI 8 SEMARANG) - Published Version
Download (931kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan programmer handal seiring dengan pesatnya perkembangan startup atau usaha rintisan digital yang tumbuh subur di Indonesia, namun hal tersebut belum diimbangi dengan sumber daya manusia yang memadai karena terdapat siswa yang mana telah mendapatkan kesempatan untuk belajar coding (pemrograman) akan tetapi masih memiliki minat yang cenderung rendah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat belajar coding terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak mengingat minat merupakan salah satu faktor yang memengaruhi hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 8 Semarang. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Rekaasa Perangkat Lunak (RPL) yang berjumlah 106 siswa, Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI RPL 3 sebanyak 35 siswa dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket/kuesioner dan tes penilaian hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel minat belajar memiliki kontribusi sebesar 43,90% terhadap perubahan variabel hasil belajar siswa, sedangkan sisanya sebesar 56,10% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan di dalam penelitian ini. Dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan untuk kemudian ditindaklanjuti dalam proses pembelajaran ke depan agar dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak sehingga nantinya kebutuhan akan programmer handal bisa terpenuhi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Minat Belajar Coding, Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Dec 2019 14:44
Last Modified: 03 Dec 2019 14:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33557

Actions (login required)

View Item View Item