PERANAN GURU SEJARAH DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS X MELALUI MATERI SEJARAH LOKAL DI SMA NEGERI 1 REMBANG
Yufita Nurhandayani, 3101414005 (2019) PERANAN GURU SEJARAH DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS X MELALUI MATERI SEJARAH LOKAL DI SMA NEGERI 1 REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Peranan guru sejarah dalam menumbuhkan kesadaran sejarah siswa kelas X melalui materi sejarah lokal di SMA Negeri 1 Rembang merupakan salah satu cara untuk membantu siswa lebih mengenal dekat sejarah yang ada di lingkungan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan peranan guru sejarah dalam menumbuhkan kesadaran sejarah pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Rembang (2) mendeskripsikan peranan guru sejarah dalam menumbuhkan kesadaran sejarah melalui materi sejarah lokal pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Rembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (Mixed Methods) yang merupakan pendekatan penelitian yang mengombinasikan bentuk kualitatif dan bentuk kuantitatif. Dengan demikian, ada 2 (dua) jenis data yang diperoleh yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan berupa guru sejarah serta wakil kepala sekolah bagian kurikulum, peristiwa dan lokasi berupa proses pembelajaran sejarah lokal dan lokasinya berada di SMA Negeri 1 Rembang tepatnya kelas X MIPA dan IPS, dokumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), profil sekolah, visi, misi dan tujuan, serta dokumen sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi dokumen dan angket. Analisis yang dilakukan menggunakan model analisis interaktif berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini adalah: 1. Peranan guru sejarah dalam menumbuhkan kesadaran sejarah pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Rembang yang sudah bisa dikatakan mempunyai peranan cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari hasil angket yang disebarkan peneliti pada 30 siswa. Sebanyak 12 siswa dengan presentase 40% masuk dalam kategori sedang dan 14 siswa dengan presentase 46,67% masuk kategori tinggi. 2. Peranan guru sejarah dalam menumbuhkan kesadaran sejarah melalui materi sejarah lokal pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Rembang yang pelaksanaannya dilakukan dengan dikorelasikan materi sejarah Indonesia yang terkait.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peranan Guru, Kesadaran Sejarah, Materi Sejarah Lokal,Teacher's Role, Historical Awareness, Local History Material |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General) L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 13:05 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 13:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33546 |
Actions (login required)
View Item |