HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS BUDI UTOMO KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG


Aida Nichen Palupy , 1401415304 (2019) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS BUDI UTOMO KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS BUDI UTOMO KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS BUDI UTOMO KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (766kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terjadi pada proses belajar, yaitu faktor internal dan eksternal. Lingkungan keluarga dan minat siswa menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan proses belajar siswa. Permasalahan mengenai hasil belajar ditemukan di SD Gugus Budi Utomo Kecamatan Mijen Kota Semarang yang menunjukkan sebanyak 53% siswa dalam satu gugus memperoleh hasil belajar IPS yang belum memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Berdasarkan hasil wawancara, beberapa orang tua mengakui belum memberikan dukungan serta bimbingan secara penuh ketika anak belajar, serta hasil pengamatan kelas menunjukkan suasana belajar IPS yang kurang kondusif. Hal tersebut berkaitan dengan minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya hubungan dukungan sosial keluarga dan minat siswa terhadap hasil belajar muatan IPS siswa kelas V SD Gugus Budi Utomo Kecamatan Mijen Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian korelasi. Teknik sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan sampel sebanyak 103 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif serta uji hipotesis yang meliputi uji korelasi sederhana dan uji korelasi ganda, namun sebelum analisis data, dilakukan uji persyaratan yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan besar korelasi dukungan sosial keluarga dan hasil belajar IPS adalah 0,664 termasuk dalam kategori korelasi yang kuat dengan nilai kontribusi sebesar 44,1%. Korelasi antara minat siswa dan hasil belajar IPS sebesar 0,641 tergolong korelasi yang kuat dengan nilai kontribusi sebesar 41,9%. Analisis korelasi ganda antara dukungan sosial keluarga dan minat siswa dengan hasil belajar IPS adalah 0,720. Nilai kontribusi kedua variabel terhadap variabel terikat adalah 51,9%. Simpulan penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan hasil belajar IPS siswa; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat siswa dengan hasil belajar IPS siswa; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial keluarga dan minat siswa terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Budi Utomo Kecamatan Mijen Kota Semarang. Dukungan sosial keluarga dan minat siswa menjadi sebab keberhasilan proses belajar IPS bagi siswa. Penting bagi orang tua untuk selalu memberikan dukungan sosial dalam berbagai aspek kepada anak, sedangkan guru dapat mengembangkan kegiatan belajar yang menarik dan menantang sehingga siswa lebih aktif dan giat belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial keluarga, hasil belajar IPS, minat siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:18
Last Modified: 03 Dec 2019 13:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33545

Actions (login required)

View Item View Item