KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR CERITA ANAK DITINJAU DARI MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH PESAREAN KABUPATEN TEGAL
Khoerotul Maulidah , 1401415260 (2019) KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR CERITA ANAK DITINJAU DARI MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH PESAREAN KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR CERITA ANAK DITINJAU DARI MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH PESAREAN KABUPATEN TEGAL)
- Published Version
Download (573kB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran bahasa Indonesia adalah guru masih kurang inovatif dalam menggunakan media, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pelajaran bahasa Indonesia. Dengan media audio visual, pesan yang disampaikan akan lebih menarik perhatian, karena perhatian inilah yang penting dalam proses belajar, sehingga dengan perhatian akan timbul rangsangan/ minat belajar. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan media audio visual ditinjau dari minat dan hasil belajar bahasa Indonesia antara kelas yang menggunakan media audio visual dengan yang menggunakan media visual pada materi mengidentifikasi unsur-unsur cerita anak di kelas V. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Pesarean Kecamatan Adiwerna tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 68 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas V A dan V B. Sampel pada penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol, uji coba instrumen dilakukan di kelas V SD Muhammadiyah Pacul Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan analisis akhir. Pada analisis akhir atau pengujian hipotesis penelitian menggunakan independent samples t test, one samples t test, dan person product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis minat belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (10,658 > 1,997), sehingga H01 ditolak. Perhitungan uji keefektifan minat belajar menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (12,728 > 2,032), sehingga H0 ditolak. Hasil uji hipotesis untuk hasil belajar siswa menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa thitung > ttabel (7,672 > 1,997), sehingga H01 ditolak. Perhitungan uji keefektifan hasil belajar menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (11,763 > 2,032) ), sehingga H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual terbukti efektif ditinjau minat dan hasil belajar bahasa Indonesia materi mengindentifikasi unsur-unsur cerita anak pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Pesarean Kecamatan Adiwerna. Disarankan kepada guru agar menggunakan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi mengindentifikasi unsur-unsur cerita anak.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Media Audio Visual; Minat Belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 13:29 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 13:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33532 |
Actions (login required)
View Item |