KEEFEKTIFAN METODE JARIMATIKATERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH SISWA KELAS II SD NEGERI MUARAREJA 2 KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019


Nina Widi Arlini , 1401415218 (2019) KEEFEKTIFAN METODE JARIMATIKATERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH SISWA KELAS II SD NEGERI MUARAREJA 2 KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN METODE JARIMATIKATERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH SISWA KELAS II SD NEGERI MUARAREJA 2 KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN METODE JARIMATIKATERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH SISWA KELAS II SD NEGERI MUARAREJA 2 KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019) - Published Version
Download (653kB) | Preview

Abstract

Indonesia memandang pendidikan sangatlah penting. Khususnya pada pendidikan matematika, namun matematika bukanlah hal yang mudah bagi sebagian besar siswa. Terlihat dari hasil PISA 2015 yang menunjukkan kemampuan matematika siswa Indonesia berada pada peringkat yang rendah dan cukup tertinggal jauh dari negara asia tenggara lainnya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, salah satunya yaitu guru kurang bervariasi dalam mengajarkan matematika dan mengakibatkan siswa merasa bosan serta jenuh sehingga membuat minat dan hasil belajar siswa rendah. Alternatif variasi dalam pembelajaran matematika yang dapat diterapkan oleh guru, salah satunya adalah metode jarimatika.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode jarimatika terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas II SD Muarareja 2 Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi experimental design) bentuk nonequivalent control group design, dengan populasi 39 siswa kelas II SD Muarareja 2 Kota Tegal tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 20 siswa kelas IIB dan 19 siswa kelas IIA.Sampel diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes untuk memperoleh data hasil belajar,angket atau kuisioner untuk memperoleh data minat belajar,dokumentasi, wawancara tidak terstruktur, dan observasi untuk memperoleh data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskripsi data, analisis statistik data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata, serta analisis akhir atau pengujian hipotesis. Hasil uji hipotesis 1dan hasil uji hipotesis 2 menggunakan indpendent samples t test menunjukkan bahwa pada uji hipotesis 1 diperoleh nilai signifikansi (0.000) < 0.05 dan thitung>ttabel (7.568 > 2.026) serta pada uji hipotesis 2 diperoleh nilai signifikansi (0.003) < 0.05 dan thitung>ttabel (3.170 > 2.026). Dari hasil uji hipotesis 1 dan 2 dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan minat dan hasil belajar siswa antara yang menggunakan metode Jarimatika dan yang menggunakan metode konvensional. Pengujian hipotesis 3 dan hipotesis 4 menggunakan one samples t test menunjukkan bahwa pada uji hipotesis 3 diperoleh nilai thitungj>

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode jarimatika; minat belajar; hasil belajar; matematika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 18:42
Last Modified: 02 Dec 2019 18:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33509

Actions (login required)

View Item View Item