PENGARUH KOLEKSI BUKU PERPUSTAKAAN DAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS V SD SE-DABIN III KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL


Andrean Andreani , 1401415203 (2019) PENGARUH KOLEKSI BUKU PERPUSTAKAAN DAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS V SD SE-DABIN III KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KOLEKSI BUKU PERPUSTAKAAN DAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS V SD SE-DABIN III KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH KOLEKSI BUKU PERPUSTAKAAN DAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS V SD SE-DABIN III KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Minat baca adalah kecenderungan seseorang terhadap bacaan yang dilakukan dengan senang hati. Tumbuhnya minat baca siswa menjadi salah satu peran perpustakaan sekolah dalam menyediakan bahan bacaan yang memadai. Koleksi buku bacaan yang ada di perpustakaan menjadi sumber bacaan yang memberi informasi dan pengetahuan kepada warga sekolahnya. Buku bacaan yang menarik dan sesuai dengan apa yang ingin dibaca pembaca memberi kesenangan seseorang terhadap kegiatan membaca. Minat baca seseorang juga dipengaruhi oleh lingkungan sekolah yang kondusif. Budaya baca di sekolah tidak didapat secara instan dan perlu pembiasaan sejak dini. Pembisaan Gerakan Literasi Sekolah menjadi salah satu program yang digencarkan pemerintah dalam meningkatkan minat baca siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar se-Dabin III Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal, sebanyak 307 siswa. Sampel penelitian sebanyak 174 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran mengenai data masing-masing variabel. Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) koleksi buku perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat baca siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 17,6%; (2) Gerakan Literasi Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat baca siswa dengan sumbangan pengaruh 13,7%; (3) koleksi buku perpustakaan dan Gerakan Literasi Sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat baca siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 21,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: koleksi buku perpustakaan dan Gerakan Literasi Sekolah berpengaruh terhadap minat baca siswa kelas V Sekolah Dasar se-Dabin III Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Berdasarkan hasil penelitian, maka pihak sekolah hendaknya memerhatikan dan meningkatkan kondisi sekolah agar lebih menjadikan lingkungan sekolah literat. Dengan demikian diharapkan dapat menciptakan minat baca siswa yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku perpustakaan, literasi, minat baca.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 18:46
Last Modified: 02 Dec 2019 18:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33506

Actions (login required)

View Item View Item