HUBUNGAN MINAT DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SDN GUGUS CAKRA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG


Ovita Nurul Pangesti , 1401415190 (2019) HUBUNGAN MINAT DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SDN GUGUS CAKRA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN MINAT DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SDN GUGUS CAKRA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN MINAT DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SDN GUGUS CAKRA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (869kB) | Preview

Abstract

Indonesia mempunyai tujuan Nasional yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea ke-empat, salah satunya yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dengan guru kelas IV, angket, dan dokumentasi di SDN Gugus Cakra Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, ditemukan permasalahan minat belajar dan sumber belajar bahasa Jawa yang belum optimal. Hal tersebut memengaruhi hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian adalah (1) menemukan hubungan positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar bahasa Jawa siswa kelas IV, (2) menemukan hubungan positif dan signifikan antara sumber belajar terhadap hasil belajar bahasa Jawa siswa kelas IV, (3) menemukan hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan sumber belajar terhadap hasil belajar bahasa Jawa siswa kelas IV SDN Gugus Cakra Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasi. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Gugus Cakra Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang sebanyak 209 siswa, dengan sampel sebanyak 163 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner/angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan (1), nilai rhitung > rtabel (0,615 > 0,1538), hal tersebut berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar bahasa Jawa siswa kelas IV dengan persentase hubungan sebesar 37,8%. (2) nilai rhitung > rtabel (0,578 > 0,1538), hal tersebut berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sumber belajar terhadap hasil belajar bahasa Jawa siswa kelas IV dengan persentase hubungan sebesar 33,4%. (3), nilai rhitung > rtabel (0,677 > 0,1538), terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat dan sumber belajar terhadap hasil belajar bahasa Jawa siswa kelas IV dengan persentase hubungan sebesar 45,9%. Simpulan penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara minat dan sumber belajar terhadap hasil belajar bahasa Jawa siswa. Saran bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dan memanfaatkan sumber belajar yang beragam, serta bagi seluruh pihak terkait dapat mengembangkan minat belajar dan menyediakan sumber belajar sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, sumber belajar, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 15:44
Last Modified: 02 Dec 2019 15:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33500

Actions (login required)

View Item View Item